Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [SEA Games Cambodia 2023] Jadi Kapten Tim, Rehan Bawa Pengalaman di Junior ke level Senior
08 Mei 2023
[SEA Games Cambodia 2023] Jadi Kapten Tim, Rehan Bawa Pengalaman di Junior ke level Senior
 
 

Rehan Naufal Kusharjanto didapuk menjadi kapten tim bulutangkis putra Indonesia di SEA Games Cambodia 2023. Ini merupakan pengalaman pertama Rehan memimpin tim di level senior.

“Sebenarnya saya dipilih menjadi kapten karena usulan teman-teman. Karena kalau yang paling tua kan ada Chico dan Bagas, tapi di awal-awal ini kan mereka langsung main beregu. Jadi takutnya mereka nggak bisa fokus kalau harus mengurus dan koordinasi tim. Akhirnya temen-temen, Yere, Bagas, Ibul (Fikri), Zacha, dan yang lain langsung memilih saya,” cerita Rehan.

“Rasanya tentu senang bisa dipercaya teman-teman untuk jadi kapten di turnamen senior, untuk yang pertama kali. Sebelumnya paling jadi kapten di junior. Pastinya kan beda ketika saat saya junior dulu. Apalagi di sini juga ada atlet yang lebih tua dari saya,” lanjut Rehan.

Menjadi kapten tim, Rehan memaparkan beberapa tugas yang harus diembannya. Di antaranya mengkomunikasikan segala informasi yang dibutuhkan oleh timnya, hingga menjaga suasana tim untuk terus kompak di luar dan dalam lapangan. Ia berharap tim Indonesia bisa tampil maksimal dan dapat memenuhi target yang diberikan.

“Tugasnya di sini saya bantu mengkoordinasikan tim dan bantu mengkomunikasikan misalnya ada kebutuhan teman-teman atlet. Selain itu saya juga bantu menjaga supaya tim tetap jadi satu, jangan berpencar-pencar. Saya juga mengingatkan teman-teman kalau kita harus saling dukung satu sama lain. Kalau ada yang main, kita semua harus support dengan all out,” kata Rehan.

Buat Rehan, menjadi kapten tim bukan lah pengalaman yang asing buatnya. Sebelumnya di level junior, Rehan juga pernah menjadi kapten kejuaraan beregu. Untuk itu, Rehan mengatakan banyak membawa pengalamannya dari junior ke turnamen level senior ini

“Saya juga ingat pengalaman di Asia Junior dan World Junior Championships. Kalau main di match keempat dan kelima, kita masih bisa nonton, jadi harus semangat dukung tim. Untuk yang nggak main hari itu juga harus support terus, supaya yang di lapangan juga semakin semangat. Karena ini kan pertandingan beregu, dukungan teman di luar lapangan itu akan sangat berarti,” ungkap Rehan.

Harapannya pasti juara, tapi saya mengingatkan teman-teman supaya jangan terbebani apa pun. Pokoknya harus enjoy di setiap game. Soal hasil urusan belakangan, yang penting kita berusaha dulu,” tutup Rehan.

Sementara itu di tim putri, posisi kapten tim diemban oleh pemain ganda campuran, Hediana Julimarbela. (NAF)