Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Tunggal Putri Masih Lengkap
08 Oktober 2010
Tunggal Putri Masih Lengkap
 
 

Pemain tunggal putri Indonesia yang bermain langsung di babak utama pada Turnamen Vietnam Open Grand Prix 2010 masih lengkap. Tiga pemain putri semuanya berhasil maju ke babak perempat final. Babak perempat final dikuasai oleh tiga negara. Masing-masing oleh Indonesia dan China yang menempatkan tiga pemain, sementara Thailand dengan dua pemain.

Fransiska Ratnasari sebagai juara bertahan yang memimpin pasukan putri Indonesia menerobos babak perempat final lebih dahulu. Dengan modal mengalahkan pemain Malaysia Sannatasah Saniru dengan 21-15, 21-7, Fransiska mampu berada di perempat final. Peraih medali perunggu Olimpiade Beijing Maria Kristin Yulianti juga sukses menempatkan diri di babak perempat final.

Maria KristinMaria yang diunggulkan di tempat ke enam sempat kesulitan di babak awal ketika menghadapi pemain Austria Simone Prutsch. Maria terlambat panas pada set pertama sehingga merelakan set pembuka direbut pemain Austria dengan 18-21. Maria yang mulai terlihat panas pada babak kedua mampu mendikte pemain Austria. Maria hanya memberikan angka dibawah sepuluh pada set kedua dan ketiga dengan kedudukan akhir 21-8, 21-9. Pemain pelatnas pratama Bellaetrix Manuputty masih berdiri kokoh dibabak perempat final. Bela bahkan membuat kejutan dengan menumbangkan pemain Singapura Zhang Beiwen yang di unggulkan di posisi ke lima. Bela hanya butuh dua set untuk menaklukan andalan Singapura tersebut dengan 21-13, 21-16. Di babak perempat final, Fransiska Ratnasari akan menghadapi Xue Yao asal China yang harus bermain dari babak kualifikasi. Jika ingin masuk babak semifinal, Maria Kristin harus mampu mengalahkan pemain masa depan dunia asal Thailand Ratchanok Intanon yang juga merupakan juara dunia junior2010. Ratchanok sendiri kembali berhasil mengalahkan pesaing utamanya di masa junior yakni Suo Di asal China dengan 21-17, 21-17. Sementara Bellaetrix Manuputty akan bertemu pembunuh raksasa asal China Xin Liu. Xin Liu di babak pertama membuat kejutan besar dengan mengalahkan unggulan kedua asal China Taipei, Cheng Shao Chieh 21-17, 21-19.

Di barisan tunggal putra Indonesia hanya diwakili oleh Tommy Sugiarto di babak perempat final. Meski harus bertanding dua kali dalam sehari, Tommy mampu mengalahkan lawan-lawannya. Babak kedua yang dilangsungkan pada pagi hari, Tommy mengalahkan pemain Indonesia lainnya Adi Pratama dengan 20-22, 21-15, 21-11. Di babak ketiga yang dimainkan pada sore hari giliran pemain China Taipei Kuei Chun Shih dikalahkannya dengan 21-7, 21-18. Di babak perempat final Tommy menjamu pemain China Houwei Tian.

Ary Trisnanto pada babak kedua sempat membuat kejutan dengan mengalahkan unggulan ke sepuluh Beryno Jiann Tze Wong asal Malaysia dengan 11-21, 21-18, 21-13. Namun ketika harus menghadapi Nan Wei dari Hongkong di babak ke tiga, Ary menyerah dengan 14-21, 17-21. Pemain Hongkong ini pula yang mengalahkan Andre Kurniawan Tedjono di babak kedua denga 21-9, 19-21, 21-23. Hal yang sama dialami oleh Alamsyah Yunus. Alamsyah yang menang di pagi hari saat menghadapi Nandang Arif Saputro dengan 21-7, 21-18, kalah dibabak ketiga dari pemain China Yuekun Chen dengan 23-21, 15-21, 19-21. Evert Sukamta juga tak mampu berbuat banyak ketika harus bertemu dengan unggulan utama sekaligus juara bertahan Nguyen Tien Minh. Evert menyerah dua set langsung dengan 10-21, 17-21. (AR)

Hasil Lengkap
Tournament Software "Vietnam Open Grand Prix 2010 Day 3"