Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Undian Singapore Open Super Series
02 Juni 2010
Undian Singapore Open Super Series
 
 

Peluang Tunggal Lebih Berat, Harapkan Nomor Ganda

Ketidakhadiran pemain-pemain utama China di ajang Singapore Open Super Series 2010 yang akan berlangsung 15 sampai 20 Juni 2010 seharusnya dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi pemain Indonesia untuk meraih gelar juara. Apalagi Indonesia belum meraih satu gelar juara pun dalam pagelaran turnamen Super Series tahun ini. Harapan terbesar masih tertumpu pada pasangan ganda campuran, Nova Widianto/Lilyana Natsir yang menjadi unggulan utama dan pasangan unggulan kedua ganda putra, Markis Kido/Hendra Setiawan.

Markis Kido/Hendra Setiawan yang bertanding atas sokongan produk Fly Power akan memulai babak pertama menghadapi pasangan Jepang, Kenichi Hayakawa/Kenta Mazuno. Bila melaju mulus, Kido/Hendra kemungkinan menghadapi unggulan ketiga, Mathias Boe/Carsten Mogensen (Denmark) atau rekannya, Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan di Semi final. Kido/Hendra sebagai unggulan kedua diskenariokan bertemu unggulan utama, Koo Kean Keat/Tan Boon Heong di final.

Sementara itu pemain Pelatnas PB Djarum Kudus, Dionysius Hayom Rumbaka menempati pool yang berat dari hasil undian yang dilakukan kemarin (1/6). Bila lolos dari babak pertama dari pemain Jepang, Kazushi Yamada maka kemungkinan besar Hayom langsung bertemu unggulan utama, Lee Chong Wei (Malaysia). Pemain Pelatnas lainnya, Sonny Dwi Kuncoro akan bermain di pool yang sama dengan Hayom dan Chong Wei. Kalau Sonny terus melaju maka akan bertemu Chong Wei atau Hayom di babak perempat final. Undian yang kurang menguntungkan juga harus diterima pemain PB Djarum, Andre Kurniawan. Andre yang sempat cedera diajang Sirnas Bandung pekan lalu- harus berhadapan dengan unggulan kedua Peter Gade Hoeg di babak pertama.

Undian yang berat juga harus dilalui pemain-pemain tunggal putri, Indonesia. Pemain Korea, Bae Sung Hee yang menaklukkan pemain nomor satu dunia Wang Yihan di final Piala Uber lalu- bakal menjadi lawan pertama pemain asal klub Djarum, Maria Febe Kusumastuti. Fransiska Ratnasari akan berhadapan dengan pebulutangkis Korea lainnya, Bae Youn Joo dan Firdasari Adriyanti harus menantang unggulan ketiga, Zhou Mi di babak pertama. Jalan yang juga terjal harus ditempuh Maria Kristin Yulianti yang terdampar di babak kualifikasi. Lawan pertama yang dihadapi Maria adalah pemain muda China, Li Xueri. Bila lolos dari kualifikasi, Maria akan ditantang unggulan kedelapan, Yip Pui Yin (Hongkong).
Maria Febe
Dinomor ganda putri, Indonesia tidak memiliki pasangan pemain pada pada posisi unggulan. Harapan untuk nomor ini disematkan pada pasangan, Meliana Jauhari/Greysia Polii yang diperkirakan akan bertemu unggulan kedua, Mizuki Fujii/Reika Kakiiwa (Jepang) di babak kedua dan kemudian unggulan ketujuh dari Korea, Ha Jeung Eun/Jung Kyung Eun diperempat final. Namun pasangan Korea tersebut akan lebih dulu ditantang oleh pemenang antara pasangan Indonesia, Anneke Feinya/Annisa Wahyuni dengan pasangan gado-gado, Vita Marissa/Saralee Thoungthongkam (INA/THA).

Setelah Singapore Open, sebagian besar pemain melanjutkan tour-nya ke Jakarta untuk bertarung dalam Djarum Indonesia Open yang undiannya akan di rilis tanggal 8 Juni 2010 dan melaksanakan pertandingan 22-27 Juni 2010. (HK)