Turnamen Internasional
Home > Berita > Turnamen Internasional > Melihat Peta Kekuatan Tim Junior Indonesia di WJC 2020
06 Mei 2020
Melihat Peta Kekuatan Tim Junior Indonesia di WJC 2020
 
 

Batalnya turnamen-turnamen junior akibat pandemic Covid-19 tahun ini, disebut Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Susy Susanti, akan berpengaruh bagi penghitungan poin rangking pemain junior yang menjadi tolak ukur penentuan daftar unggulan di World Junior Championships (WJC) 2020. Sejatinya WJC akan berlangsung pada 28 September - 11 Oktober 2020 di Auckland, Selandia Baru.

Tim junior Indonesia merupakan juara bertahan di nomor beregu. Pada tahun lalu, WJC 2019 yang dihelat di Kazan, Rusia, tim junior mencetak sejarah dengan memboyong Piala Suhandinata untuk pertama kalinya ke pangkuan Ibu Pertiwi. Di nomor perorangan, Indonesia berhasil meraih Piala Eye Level lewat pasangan ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Diakui Susy, materi pemain yang dimiliki Indonesia tahun ini tentu tidak sekuat tahun lalu.

Baca juga : PBSI Telah Siapkan Tim Junior Menuju WJC 2020

"Materi pemain tahun ini beda dengan tahun lalu, ada beberapa sektor yang tidak sekuat tahun lalu. Di ganda putra misalnya, tahun lalu kami punya Leo/Daniel yang jadi kartu As kami. Tahun ini kekuatan ada di ganda campuran, tunggal putri, dan ganda putri yang posisi rangkingnya cukup lumayan," ungkap Susy dikutip dari Badmintonindonesia.org.

Saat ini Indonesia punya dua tunggal putri di peringkat sepuluh besar dunia junior yaitu Putri Kusuma Wardhani di peringkat lima dunia, disusul Stephanie Widjaja di peringkat enam. Selain itu ada ganda putri Melani Mamahit/Tryola Nadia yang kini menjadi pasangan rangking dua dunia junior. Di ganda campuran, pemain putri Indah Cahya Sari Jamil ada di peringkat satu dunia. Saat ini Indah dipasangkan dengan Teges Satriaji Cahyo Hutomo. Sebelumnya, Indah pernah meraih gelar juara dunia junior bersama Leo Rolly Carnando di WJC 2018. (ah)

Baca juga : Smash Salah Satu Pukulan Andalan