Turnamen Internasional
Home > Berita > Turnamen Internasional > PBSI Telah Siapkan Tim Junior Menuju WJC 2020
06 Mei 2020
PBSI Telah Siapkan Tim Junior Menuju WJC 2020
 
 

Susy Susanti menyatakan telah mempersiapkan tim junior menuju perhelatan paling bergengsi di kelas U-19 yaitu World Junior Championships 2020 (WJC). Diakui Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI itu, meskipun kepastian penyelenggaraan WJC tahun ini masih belum diumumkan oleh Badminton World Federation (BWF) akibat pandemi Covid-19, namun PBSI tetap harus bersiap.

Sebelumnya, PBSI sendiri sudah melakukan beberapa bentuk persiapan tim junior jelang WJC sebelum wabah Covid-19 menyebar. Tepatnya dengan mengirim pemain muda ke turnamen-turnamen junior di Eropa seperti Italian Junior, Dutch Junior, dan German Junior 2020. Di Dutch Junior yang berlangsung akhir Maret 2020 lalu, atlet-atlet muda Tanah Air berhasil membawa prestasi yang membanggakan. Empat dari lima gelar yang diperebutkan berhasil dibawa pulang yakni tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

Baca juga : Aturan Servis Bulu Tangkis

"Dari beberapa turnamen junior ini, para pemain setidaknya sudah tahu siapa lawan-lawan yang akan mereka hadapi. Ini salah satu bentuk persiapan kami yang sebetulnya sudah dari awal tahun. Kami juga ingin pemain muda mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya menuju WJC," kata Susy seperti dikutip dari Badmintonindonesia.org.

Sampai saat ini WJC masih dijadwalkan akan berlangsung pada 28 September - 11 Oktober 2020 mendatang, di Auckland, Selandia Baru. Namun, mengingat saat ini wabah Corona masih merebak, kemungkinan lain bisa saja terjadi dan tinggal menunggu keputusan dari BWF.

Sementara itu salah satu turnamen yang terdampak lainnya adalah Asia Junior Championships 2020 (AJC). Rencananya turnamen ini akan dilangsungkan pada 11-19 Juli 2020 di Suzhou, Tiongkok. Idealnya, AJC menjadi satu ajang yang bisa dimanfaatkan baik bagi atlet atau tim ofisial untuk menuju arena pertarungan yang lebih besar di WJC.

"Sampai sekarang belum ada info dari BWF terkait AJC, ada kemungkinan di-cancel dan bisa jadi langsung ke WJC," ungkap Susy.

"Bedanya mungkin jam terbang atlet junior jadi berkurang dengan ditiadakannya AJC sebelum WJC. Belum lagi turnamen-turnamen junior yang lain yang kemungkinan batal juga," jelasnya. (ah)

Baca juga : Tehnik Memukul Backhand