Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Badminton Asia Junior Championships 2023] Indonesia Ungguli China 2-1
09 Juli 2023
[Badminton Asia Junior Championships 2023] Indonesia Ungguli China 2-1
 
 

Tim junior Indonesia sementara berhasil unggul atas China 2-1 di babak penyisihan Grup A BNI Badminton Asia Championships 2023. Dua poin didapat dari ganda campuran Adrian Pratama/Felisha Alberta Nathaniel Pasaribu dan tunggal putra Alwi Farhan. Sayang, satu poin harus dilepas, setelah Mutiara Ayu Puspitasari kalah di partai kedua.

Berhadapan dengan Xu Wen Jing, Mutiara kalah dua game langsung dengan 12-21, 10-21.

“Saya kurang puas dengan permainan saya hari ini. Saya sulit keluar dari tekanan lawan. Sebenarnya saya sudah mencari tahu kelemahan lawan dan sayang saya tidak bisa keluar dari tekanan lawan,” kata Mutiara.

Kekalahan ini membuat Mutiara akan melakukan evaluasi dengan harus bermain lebih sabar. Saat lawan bermain reli panjang, Mutiara harus lebih sabar lagi untuk menyerang dan menunggu momen yang tepat.

“Ke depannya saya harus lebih sigap lagi saat lawan mengubah strategi di tengah pertandingan. Saya juga harus lebih cepat dalam beradaptasi di dalam lapangan. Hal itu penting untuk saya ke depannya,” ujar juara Slovenia International 2021 itu.

Kekalahan Mutiara membuat Indonesia vs China imbang 1-1. Beruntung di partai ketiga, Alwi berhasil merebut kemenangan dari Hu Zhe An dengan skor 21-19, 21-11.

“Bersyukur bisa memenangkan pertandingan hari ini. Pada gim pertama saya menyerang saat lawan menurunkan bola. Saya memanfaatkan hal itu di gim kedua karena saya sudah mengenal gaya bermainnya,” ungkap juara Bangladesh Junior International Series 2021 tersebut.

“Pada game pertama saya sempat kesulitan sendiri saat sepatu saya licin. Saya kemudian mencoba mengatur hal itu di gim kedua jadi bermain lebih nyaman,” lanjut Alwi.

Menang di game pertama membuat Alwi tampil lebih meyakinkan di game kedua. Ia bahkan unggul 7-0 di awal game keduanya. Alwi akhirnya menuntaskan kemenangannya usai bermain selama 46 menit.

Dengan ini, Indonesia tinggal membutuhkan satu poin lagi untuk memastikan kemenangannya. Di partai keempat Indonesia menurunkan ganda putri Anisanaya Kamila/Az Zahra Ditya Ramadhani untuk melawan Liao Li Xi/Zhang Wen Xiao. (NAF)