Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > SEA Games - Bulutangkis (Masih) Tumpuan Utama
11 Desember 2009
SEA Games - Bulutangkis (Masih) Tumpuan Utama
 
 

Jakarta, 11 Desember 2009 - Cabang olahraga (cabor) bulutangkis masih menjadi tumpuan utama Indonesia untuk merebut medali di SEA Games 2009 yang akan berlangsung pada 9-18 Desember 2009 di Vientiane, Laos. Tak tanggung-tanggung, lima medali emas ditargetkan terengkuh.

"Untuk mengulang sapu bersih seperti SEA Games 2007 memang cukup berat," ujar Sekretaris Jenderal PB PBSI Yakob Rusdianto. "Tapi lima emas saya yakin bisa direbut."

Tim putra memang yang mendapat beban terberat karena emas diharapkan terebut di segala cabang putra, baik beregu maupun perorangan. Tetapi dengan nama-nama perwakilan seperti Sony Dwi Kuncoro, Simon Santoso, Tommy Sugiarto, Markis Kido/Hendra Setiawan, dan Bona Septano/Mohammad Ahsan, Oka memang tidak sesumbar. Apalagi unggulan utama tunggal putra dari Malaysia, Lee Chong Wei, mundur karena cedera; pintu kemenangan di sektor tunggal putra pun semakin terbuka lebar.

Selain itu, target emas juga diharapkan datang dari sektor ganda campuran, ganda putri, dan beregu putri. Tunggal putri sendiri tidak masuk dalam daftar target medali emas kali ini walaupun peraih medali perunggu Olimpiade Beijing 2008, Maria Kristin Yulianti turut serta. Namun Maria bertukas positif, "(Jadi) bisa main tanpa beban."

Awalnya PB PBSI akan menurunkan pemain lapis kedua di Laos, tetapi karena beban target yang cukup berat, akhirnya mereka memutuskan lini utama untuk maju. "Pokoknya, siapa pun lawannya akan saya hadapi dengan bermain habis-habisan," kata Sony Dwi Kuncoro, salah satu andalan Indonesia di sektor tunggal putra.

BEREGU

Tim Beregu Putra bulutangkis Sea Games Indonesia akan memulai pertandingan babak quarter final pada hari ini, jum'at 11 Desember 2009. Indonesia yang menduduki unggulan kedua akan menghadapi tim tuan rumah Laos. Kemenangan diprediksi akan diraih Indonesia yang kemudian akan menghadapi salah satu kekuatan bulutangkis Asia Tenggara, Thailand di babak Semifinal. Jika mampu mengalahkan Thailand, Indonesia diprediksi akan menghadapi unggulan utama Malaysia di babak final.

Di Bagian Putri, pemain dari PB Djarum, Maria Kristin Yulianti tetap menjadi salah satu tulang punggung Indonesia untuk mempertahankan raihan medali emas beregu putri seperti halnya sea games dua tahun lalu. Bersama dengan pasangan ganda putri dari PB Djarum, Shendy Puspa Irawati / Meliana Djauhari, tim Indonesia yang di unggulkan di posisi kedua langsung masuk ke babak semifinal dan akan menghadapi pemenang antara tim tuan rumah Laos dan Singapura pada hari Sabtu, 12 Desember 2009.

Inilah mereka yang akan mewakili merah-putih di Vientiane:

Tunggal putra: Sony Dwi Kuncoro, Simon Santoso, Tommy Sugiarto

Tunggal putri: Maria Kristin Yulianti, Adrianti Firdasari, Linda Weni Fanetri

Ganda putra: Markis Kido/Hendra Setiawan, Mohammad Ahsan/Bona Septano

Ganda putri: Shendy Puspa Irawati/Meiliana Jauhari, Greysia Polii/Nitya Krishinda

Ganda campuran: Nova Widianto/Lilyana Natsir, Devin Lahardi/Lita Nurlita