Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Swiss Open 2021] Dua Ganda Putra Bertahan
04 Maret 2021
[Swiss Open 2021] Dua Ganda Putra Bertahan
 
 

Hari kedua pelaksanaan kejuaraan bulutangkis Swiss Open 2021 digelar kemarin (3/3). Sektor ganda putra menjadi salah nomor yang mulai dipertandingkan setelah hari pertama yang dilaksanakan pada hari Selasa (2/3) hanya memainkan sektor ganda campuran. Tiga ganda putra masa depan Indonesia turun bertanding. Dua di antaranya berhasil melewati ujian pertama.

Pasangan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin menjadi salah satu ganda putra Indonesia yang memperoleh kemenangan di babak pertama. Pasangan yang saat ini menjadi buah bibir karena permainannya yang cemerlang, menang cepat selama kurang dari 30 menit dari lawannya yang berasal dari Prancis, Eloi Adam/Julien Maio. Usai menang 21-12 di game pertama, ganda Indonesia yang saat ini ada di peringkat 42 dunia menghentikan lawannya pada game kedua dengan 21-10.

Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan rupanya juga tidak mau kalah. Kemenangan juga mampu mereka ciptakan. Hanya saja butuh waktu lebih lama bagi mereka untuk menang dari ganda Kanada, Nyl Yakura/Jason Anthony Ho Shue. Pramudya/Yeremia harus bertanding rubber game untuk menang 15-21, 21-14, 21-17. Kemenangan di Basel, Swiss, terasa manis, karena ganda Indonesia bisa membalas kekalahan yang pernah dialami dikejuaraan Finnish Open 2019 lalu.

Baik Pramudya maupun Yeremia sepakat jika di game pertama mereka bermain terburu-buru. Alasan ini yang mereka sampaikan kepada tim Humas dan Media PP PBSI.

"Di gim kedua, kami bisa bermain lebih tenang dan lebih safe. Pelatih juga mengingatkan seperti itu. Serangan lawan sebenarnya tidak terlalu mematikan, jadi ketika kami bermain lebih tenang, kami bisa mengatasinya. Kunci kemenangan kami hari ini memang bermain lebih tenang, lebih fokus, tidak terburu-buru, dan juga tidak terlalu bernafsu," ujar Yeremia.

"Pada gim ketiga, kami saling mengingatkan untuk tidak bermain terburu-buru. Pertahanan lawan juga bagus, ditambah bolanya lambat. Jadi kami coba untuk menahan. Mereka bermain ulet, tidak gampang mati," sambung Pramudya.

Hari ini (4/3), kedua ganda putra Indonesia ini akan menantang para pasangan unggulan. Leo/Daniel akan bertemu Ben Lane/Sean Vendy yang merupakan unggulan kedelapan sedangkan Pramudya/Yeremia akan menghadapi unggulan kedua dari India Satwikrairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Sementara itu satu pasang ganda putra Indonesia harus menjadi penonton lebih cepat. Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana gagal menghadang ganda Denmark Jeppe Bay/Lasse Molhede. Mereka kalah rubber game, 21-10, 19-21, 13-21. (AR)