Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [BWF World Junior Mixed Team Championships 2023] Alwi Farhan Menang, Indonesia dan China Imbang 1-1
30 September 2023
[BWF World Junior Mixed Team Championships 2023] Alwi Farhan Menang, Indonesia dan China Imbang 1-1
 
 

Indonesia berhasil menyamakan kedudukan dengan China di babak final BWF World Junior Mixed Team Championships 2023, menjadi 1-1. Ini terjadi setelah Alwi Farhan mengalahkan Hu Zhe An dengan skor 21-15, 19-21, 21-13, Sabtu (30/9).

Meski saat turun Indonesia dalam keadaan tertinggal 0-1, Alwi mengaku tak memikirkan hal tersebut. Ia hanya berharap bisa terus menyumbangkan poin untuk timnya.

“Puji syukur alhamdulillah hari ini saya bisa bermain dengan baik tanpa cedera. Bisa dibilang permainan hari ini sangat besar effortnya karena harus bermain rubber game. Tapi tentunya senang bisa menyumbangkan poin untuk Indonesia,” ujar Alwi usai laganya di The Podium Spokane, Washington, Amerika Serikat.

“Tadi tidak ada pressure walaupun ketinggalan 0-1. Tapi saya bertekad untuk menyumbangkan poin buat Indonesia,” pungkas Alwi.

Membuka pertandingan, Alwi berhasil tampil meyakinkan dengan kemenangan 21-15. Namun di game kedua, Alwi mengatakan sempat terkendala kondisi menang angin di lapangan. Hal itu membuat ia merasa ragu-ragu dalam menempatkan shuttlecock. Alwi yang sudah sempat unggul, akhirnya menyerahkan kemenangannya kepada lawan.

“Di game kedua posisi saya menang angin, jadi setengah ke depannya ragu-ragu. Memang di awal saya masih enak, tapi di poin-poin kritis saya mulai ragu-ragu,” ujar Alwi.

Beruntung di game pamungkas, Alwi sudah bisa mengendalikan situasi. Meski haru berpindah lagi ke lapangan menang angin, Alwi mencoba lebih yakin dalam bermain.

“Di game ketiga pas saya kalah angin mainnya bisa enak, pas pindah lapangan sempat agak ragu-ragu lagi. Tapi akhirnya saya berusaha yakin lagi,” kata Alwi lagi.

Sukses menyumbangkan poin untuk tim Merah Putih, Alwi berharap rekan-rekannya yang turun setelah ini juga mampu mengikuti jejaknya. Dengan demikian, Indonesia bisa berhasil merebut kembali Piala Suhandinata.

“Semoga semua bisa bermain dengan lancar tanpa cedera dan bisa memenangkan pertandingan,” tutup Alwi.

Berikut hasil sementara pertandingan Indonesia vs China di babak final beregu campuran:

Ganda Campuran: Jonathan Farrell Gosal/Priskila Venus Elsadai vs Liao Pin Ye/Zhang Jia Han: 19-21, 14-21

Tunggal Putra: Alwi Farhan vs Hu Zhe An: 21-15, 19-21, 21-13

Tunggal Putri: Mutiara Ayu Puspitasari vs Xu Wen Jing

Ganda Putra: Muhammad Al Farizi/Nikolaus Joaquin vs Ma Shang/Zhu Yi Jun

Ganda Putri: Anisanaya Kamila/Az Zahra Ditya Ramadhani vs Huang Ke Xin/Jiang Pei Xi

(NAF)