Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Badminton Asia Championships 2023] Rebut Gelar Pertama, India Ciptakan Sejarah
30 April 2023
[Badminton Asia Championships 2023] Rebut Gelar Pertama, India Ciptakan Sejarah
 
 

Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty menjadi pasangan India pertama yang memenangkan gelar di Kejuaraan Bulutangkis Asia setelah mengalahkan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi. Dalam pertandingan yang bertajuk Khiladix.com Dubai Badminton Asia Championships 2023 powered by Floki, Rankireddy/Shetty melewati laga menegangkan pada Minggu (30/4) dengan skor akhir 16-21, 21-17, 21-19.

Hasil ini membawa Rankireddy/Shetty menjadi peraih gelar pertama dari negara mereka sejak tunggal putra juara Dinesh Khanna pada tahun 1965.

“Saya pikir hari ini kami tidak bermain, penonton bermain dengan kami,” kata Rankireddy.

“Itu adalah awal yang buruk di game pertama dan paruh kedua, tapi kami tidak menyerah. Kami menjaga keberanian kami. Kami tahu bagaimana memainkan situasi ini. Jadi, kami menunggu ritme yang bagus dan kemudian memanfaatkan peluang kami. Kami lebih tenang di game kedua dan game ketiga,” lanjutnya.

Hasil mengejutkan juga datang dari ganda campuran. Pasangan muda China, Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin mengalahkan seniornya yang merupakan juara dunia Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong dalam game langsung.

Jiang/Wei baru melakukan debut Tur Dunia HSBC BWF awal tahun ini, dan mencapai final DAIHATSU Indonesia Masters pada bulan Januari. Sejak saat itu mereka naik menjadi pasangan peringkat kelima tertinggi di China.

Memainkan final terbesar dalam karir muda mereka, Jiang/Wei tidak menunjukkan tanda-tanda terintimidasi oleh rival ulung mereka, yang kekalahan terakhirnya di final terjadi di Olimpiade Tokyo pada Agustus 2021.

“Jelas itu adalah kemenangan yang signifikan pada pertemuan bergengsi ini. Ini akan memotivasi kami untuk memenangkan lebih banyak turnamen di masa depan. Kami menghadapi Zheng dan Huang untuk pertama kalinya, tapi kami cukup sering melawan mereka selama latihan,” kata Jiang.

Di tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting menjadi juara Indonesia pertama sejak Taufik Hidayat pada 2007 dengan mengalahkan Loh Kean Yew (Singapura) dengan skor 21-12 21-8. Anthony Sinisuka Ginting menang cepat atas Loh Kean Yew.

Di tunggal putri, Tai Tzu Ying (Taiwan) memenangkan gelar terbesarnya sejak Indonesia Open pada Juni 2022. Tai Tzu Ying benar-benar dominan atas An Se Young, yang terlihat kaku dan tidak bisa bergerak dengan lancar seperti biasanya. Ia menang dua game langsung dengan 21-10 21-14.

“Saya sudah lama tidak bermain di Kejuaraan Asia. Dan awalnya saya tidak berencana untuk bermain, tetapi ketika saya mengetahui itu terjadi di Dubai, saya berencana untuk datang. Saya memiliki kenangan indah di Dubai. Dan saya senang untuk melanjutkannya. Itu adalah acara keseluruhan yang bagus; Saya bermain sesuai ekspektasi saya,” kata Tai.

Sementara itu di ganda putri, pasangan Jepang, Yuki Fukushima dan Sayaka Hirota memenangkan gelar pertama mereka dalam lebih dari dua tahun dengan mengalahkan Baek Ha Na/Lee So Hee (Korea) 21-7 21-14. (NAF/BWF, Photo: BWF)