Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > China Kuasai All England
11 Maret 2009
China Kuasai All England
 
 

China memperlihatkan keperkasaannya pada ajang final All England 2009 yang berlangsung di Birmingham, Inggris, Minggu 8 Maret 2009. Pada kejuaraan bulutangkis tertua di dunia ini China berhasil meraih juara pada seluruh nomor.

Gelar juara yang pertama di rebut China melalui pasangan ganda campuran He Hanbin/ Yu Yang. He Hanbin/ Yu Yang sebagai unggulan tiga berhasil menekuk pasangan ganda campuran asal Korea Selatan Ko Sung Hyun/ Ha Jeung Eun dengan 13-21, 21-15, 21-9.

Lin Dan kembali memperlihatkan keperkasaannya dengan meredam ambisi Lee Chong Wei unggulan pertama dari Malaysia untuk merebut gelar pertamanya di All England. Lin Dan sebagai unggulan kedua kembali berhasil menaklukkan Lee Chong Wei dengan skor 21-19, 21-12.
Kemenangan Lin Dan kali ini membuat rekor juara pada event All England untuk yang ke empat kalinya setelah berhasil meraihnya pada tahun 2004, 2006 dan 2007

Gelar ketiga China diraih dari nomor ganda putri yang menampilkan All China Final antara pasangan Zhang Yawen/ Zhao Tingting berhadapan dengan Cheng Shu/ Zhao Yunlei. Zhang Yawen/ Zhao Tingting yang merupakan unggulan tujuh keluar sebagai juara setelah menaklukkan Cheng Shu/ Zhao Yunlei dengan skor 21-13, 21-15.

Pada nomor tunggal putri kembali China memperlihatkan atlit mudanya mampu meraih juara lewat Wang Yihan dan mengukuhkannya sebagai pembunuh raksasa. Wang Yihan membuktikannya dengan menaklukkan tunggal putri unggulan pertama Denmark Tine Rasmussen dengan skor 21-19, 21-23, 21-11.

Keperkasaan China di All England 2009 menjadi lengkap setelah pasangan ganda putra Cai Yun/ Fu Haifeng meraih juara. Cai Yun/ Fu Haifeng merupakan unggulan tujuh menaklukkan ganda putra Korea Selatan Han Sang Hoon/ Hwang Ji Man dua set langsung dengan skor 21-17, 21- 15.

Gelar All England terakhir yang diraih Indonesia adalah pada tahun 2003 saat pasangan ganda putra Sigit Budiarto/ Candra Wijaya tampil di final dengan menaklukkan ganda putra Korea Selatan Lee Dong-soo/ Yoo Yong-sung.

(Sumber: Fk)