Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > China Sapu Bersih Gelar
25 April 2011
China Sapu Bersih Gelar
 
 

Tuan rumah Kejuaraan Asia tahun ini berhasil menyapu bersih gelar juara di kelima partai cabang olahraga bulutangkis setelah satu-satunya finalis non-China gagal menjegal wakil lokal. Pasangan ganda putra Jepang, Hirokatsu Hashimoto/Noriyasu Hirata kalah 12-21 dan 15-21 di tangan unggulan pertama, Fu Haifeng/Cai Yun.

Empat gelar lainnya jatuh ke tangan para unggulan nomor satu maupun dua. Gelar tunggal putra direngkuh Lin Dan (1) yang mengalahkan Bao Chunlai (7) 21-19 dan 21-13, sedangkan Wang Yihan (2) akhirnya menghentikan langkah sang non-unggulan, Lu Lan dengan skor tipis 21-15 dan 25-23.

Dua gelar ganda lainnya jatuh ke tangan Wang Xiaoli/Yu Yang (2) dan Zhang Nan/Zhao Yunlei (1). Wang/Yu menang 21-13 dan 21-10 atas Tian Qing/Zhao Yunlei (6), sedangkan Zhang/Zhao menang sangat tipis 15-21, 21-15, dan 25-23 dari Xu Chen/Ma Jin (8).

Dilihat dari kiprah para pemain di Chengdu, Sichuan kali ini, dapat dilihat bahwa empat negara berada terdekat dengan supremasi China, walaupun masih terpisah oleh jurang lebar. Dapat dikatakan keempat negara tersebut –Korea Selatan, Thailand, Jepang, dan Taipei– berada di lini kedua.

Enam dari total 16 wakil Thailand berhasil melaju ke perempat final, dengan satu lolos ke semifinal. Jepang menempel Thailand dengan ketat. Lima dari 20 wakilnya melaju ke perempat final, dengan salah satu di antaranya melaju sampai ke final dan menjadi runner up. Kemudian Taipei memiliki dua perempat finalis dan satu semifinalis dari total 20 wakilnya. Korsel memang hanya memiliki satu wakil yang melaju sampai ke semifinal, namun nilai Korsel masuk ke dalam lini kedua ini karena ia hanya diwakili oleh total sembilan wakil.

Di lini ketiga, terdapat dua negara, yakni, Indonesia dan Malaysia yang masing-masing mentok di perempat final. Hanya saja dalam hal kuantitas, Indonesia masih sedikit unggul karena memiliki dua wakil, yaitu dua pasangan ganda putra Alvent Yulianto Chandra/Hendra Aprida Gunawan dan Markis Kido/Hendra Setiawan. Malaysia hanya memiliki satu perempat finalis, yakni, Goh Wei Shem/Lim Khim Wah yang kalah oleh sang juara, Fu/Cai.

Dari sini kita dapat melihat sedikit bagian dari peta kompetisi bulutangkis di Asia dan mengetahui kurang lebih dimana keberadaan Indonesia saat ini yang nampaknya sudah terselip oleh Taipei, Thailand, dan Jepang. Siapkah kita untuk menghadapi Piala Sudirman bulan depan? (DC)