Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [World Junior Championships 2013] Imam: Bayu Harus Tetap Sabar dan Fokus
30 Oktober 2013
[World Junior Championships 2013] Imam: Bayu Harus Tetap Sabar dan Fokus
 
 

Muhammad Bayu Pangisthu menjadi atlet Indonesia pertama yang memastikan diri untuk berlaga di babak ketiga nomor perorangan Kejuaraan Dunia Junior (WJC) 2013. Di babak kedua yang dimulai pukul 12.20 WIB tadi (30/10), Bayu berhasil menundukkan wakil Malaysia Cheam June Wei dalam dua game langsung.

Bayu sempat tertinggal diawal game, dimana ia tertinggal 1-3, namun jelang interval permainan menyerang dan cepatnya membuat ia unggul 11-8, dan memimpin jauh 18-11. Sempat kehilangan empat angka beruntun, Bayu akhirnya menutup game pertama ini dengan 21-17.

"Tadi dia sedikit hilang fokus, dan beberapa kali melakukan kesalahan sendiri," ujar sang pelatih, Imam Tohari.

Di game kedua, Bayu berhasil terus memimpin, lawan yang terus melakukan kesalahan beruntun, membuat Bayu unggul cukup jauh di game kedua 21-15. Di babak berikutnya, Bayu akan berhadapan dengan unggulan 3/4 Fabian Roth. Pemain asal Jerman ini berhasil lolos ke babak ketiga usai menundukkan Cao Cuang Pham dari Vietnam 21-18 dan 21-16.

Menghadapi laga ini, Imam mengutarakan bahwa Bayu harus bisa bermain lebih sabar. Terlebih lagi, Bayu adalah pemain dengan tipe menyerang. "Untuk menghadapi pemain jerman ini, Bayu harus sabar, dia tipe pemain menyerang, jangan lantas saat serangan gagal tembus dia malah semakin buru-buru, dia harus lebih sabar. Mencari kesempatan, baru setelah ada kesempatan terbuka ia menyerang," lanjutnya.

Imam pun mengutarakan bahwa kemampuan di nomor tunggal putra ini cukup merata. Mengingat Fabian juga pernah ditaklukan oleh Fikri Ihsandi Hadmadi yang juga berlaga di WJC ini. Kala itu, Fabian kalah dari Fikri dengan 21-15, 14-21 dan 16-21 di babak kualifikasi Belgia International 2013.

"Saya rasa kemampuan mereka merata, Fikri pernah mengalahkan dia, dari segi permainan Bayu pun tengah menunjukkan grafik yang meningkat. Semoga dia bisa tetap fokus,"
pungkasnya.