Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Duel Indonesia – Malaysia di Ganda Putra
16 Desember 2009
Duel Indonesia – Malaysia di Ganda Putra
 
 

Duel antara Indonesia - Malaysia terjadi di nomor ganda putra. Dua pasang ganda putra Indonesia dan Malaysia akan saling berhadapan di semifinal. Setelah mengalahkan pasangan dari Laos Chanda Vanvilay/Yothin Latsavong di babak perempat final dengan 21-12, 21-11, Mohamad Ahsan, pemain asal PB Djarum yang berpasangan dengan Bona Septano akan menantang unggulan kedua Koo Kien Keat/Tan Boon Heong. Sementara itu unggulan utama Markis Kido/Hendra Setiawan akan menghadapi pasangan Malaysia lainnya Mohd Fairuzizuan Tazari/Mohd Zakry abdul latif. Sebelumnya di babak perempat final Markis Kido/Hendra Setiawan mengalahkan pasangan Thailang Nuttaphon Narkthong/ Patiphat Chalardchalaem dengan 21-4, 21-11.

Dua pemain tunggal putra Indonesia juga turut melaju ke babak semifinal. Sony Dwi Kuncoro di babak perempat final menang mudah atas pemain Singapura Ashton Chen dengan 21-9, 21-14 sedangkan Simon Santoso juga menang atas pemain Singapura lainnya Wong Zi Liang Derek dengan 21-12, 21-11. Di babak semifinal Sony Dwi Kuncoro akan menghadapi pemain Thailand Tanongsak S, sementara Simon akan melawan pemain Vietnam Nguyen Hoang Hai.

Di nomor ganda campuran Indonesia kehilangan satu pasangannya, setelah Devin Lahardi/Lita Nurlita takluk saat menghadapi pasangan dari Malaysia Chan Peng Soon/Goh Liu Ying dengan 19-21, 21-16 dan 14-21. Harapan di nomor ini tinggal bertumpu pada peraih medali perak Beijing 2008 Nova Widianto/Lilyana Natsir yang berhasil maju kesemifinal setelah mengalahkan pasangan Laos, Chanda Vanvilay/Bouphakesone Lomany dengan 21-10 dan 21-11. Selanjutnya di babak semifinal Nova Widianto/Lilyana Natsir akan menjajal pasangan Malaysia, Koo Kean Keat/Wong Pei Tty.

Maria Kristin Yulianti harus mengubur impiannya untuk mempertahankan medali emas yang diraihnya dua tahun lalu. Dibabak perempat final yang dilangsungkan pada hari selasa, 15 Desember 2009, Maria Kristin dikalahkan pemain Malaysia, Wong Mew Choo dua set langsung 21-12, 21-12. Akhirnya Indonesia harus merelakan raihan medali pada nomor tunggal putri, setelah pemain tunggal putri Indonesia lainnya, Adriyanti Firdasari kalah dari pemain muda Thailand Ratchanok Intanon. Firda kalah 21-19, 21-15.

Harapan Indonesia di bagian putri untuk meraih medali kini hanya bertumpu pada ganda asal PB Djarum. Shendy Puspa Irawati/Meiliana Djauhari berhasil melangkah ke babak semifinal setelah mengalahkan pasangan Thailand, Duanganong A/Kunchala V dua set langsung dengan 21-12, 21-8. Namun di babak semifinal, mereka harus berhadapan dengan unggulan utama asal Malaysia yang mengalahkan mereka pada nomor beregu, Wong Pei Tty/Chin Eei Hui. Hasil buruk ditorehkan pasangan Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari. Finalis Singapore Super Series 2009 yang menjadi ungulan kedua kalah dari pasangan Thailand Savitree A/Vacharaporn M dengan 19-21, 21-7, 10-21.