Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Indonesia Pastikan Gelar Ganda Putra
24 Juli 2010
Indonesia Pastikan Gelar Ganda Putra
 
 

Indonesia memastikan meraih gelar juara ganda putra setelah terjadi All Indonesian Final pada turnamen bulutangkis Li Ning Singapore International Series 2010. Dua pasang ganda putra pelatnas akan saling berebut gelar juara. Pasangan ganda putra asal PB Djarum Rizki Yanu Kresnayandi/Albert Saputra bahkan di babak perempat final membuat kejutan besar dengan menundukkan unggulan utama asal Hongkong Yohan Hadikusumo Wiratama/Wong Wai Hong melalui pertarungan rubber game 21-14, 22-24, 21-10. Babak semifinal, menjadi partai balas dendam Rizki/Albert atas peraih medali perak tunggal putra Olimpiade Athena 2004 asal Korea Selatan Shon Seung Mo dan pasangannya Kang Dong Ho, karena pasangan inilah yang menghentikan langkah pemain ganda putra asal PB Djarum pada babak sebelumnya. Pertandingan semifinal bagi Rizki/Albert relatif lebih mudah jika dibandingkan babak perempat Final. Rizki/Albert menang dua set langsung 21-13, 21-18. Pada babak puncak, pasangan pelatnas pratama lainnya Agripina Prima/Ricky Karanda akan menjadi lawan mereka dalam usaha merebut gelar juara.

Pasangan Korea Selatan yang kandas di babak semifinal Kang Dong Ho/Shon Seung Mo seolah-olah menjadi penghalang bagi atlet-atlet PB Djarum. Praveen Jordan/Rangga Yave Rianto akhirnya juga harus mengakui ketangguhan pasangan Korea Selatan tersebut. Praveen/Rangga terhenti di babak perempat final setelah kalah dengan 9-21, 11-21.

Pemain pelatnas pratama ganda putri asal PB Djarum Jenna Gozali berburu gelar juara ganda putri. Berpasangan dengan Variella Aprilsasi Putri Lejarsari, Jenna berhasil menembus partai puncak. Jenna/Variella yang sama sekali tidak di unggulkan harus menjalani dua pertandingan dalam satu hari. Babak perempat final yang dilangsungkan pada pagi hari, Juara Sirkuit Nasional DKI Jakarta 2010 ini melibas pemain pelatnas lainnya yang di unggulkan pada peringkat ketiga Ayu Rahmasari/Dwi Agustiawati dengan 21-16, 21-16. Di babak semifinal yang dilangsungkan sore harinya giliran Ery Oktaviani Adriyana/Ni Made Claudia Ayu di kalahkan melalui pertandingan yang memakan waktu selama 50 menit. Set pertama Jenna/Variella menang dengan 21-19. Di set kedua ganti Ery/Ni Made unggul 18-21. Pada set penentuan Jenna/Variella semakin tak tertahan dan menang 21-16, sekaligus menghantarnya bertemu dengan pasangan ganda putri Korea Selatan Yim Jae Eun/Lee Se Rang pada partai final.

Harapan terakhir Indonesia di ganda campuran kandas setelah Hendra Mulyono/Ayu Rahmasari gagal di semi final. Pasangan Pelatnas ini dihadang unggulan utama, Yohan Hadikusumo/Tse Ying Suet (Hongkong) dengan 17-21, 19-21.

Korea Merajai Partai Tunggal

Kursi final di partai tunggal putra maupun putri didominasi oleh atlet negeri ginseng. Gelar juara tunggal putra sudah dipastikan jatuh ke tangan Korea dengan berhadapannya dua finalis asal negeri tersebut, yakni, Shon Seung Mo dan Hong Seung Ki. Pemain gaek Seung Mo hari ini memberi pengalaman berharga kepada dua pemain Indonesia, Tommy Sugiarto dan Nandang Arif Saputro, sedangkan Seung Ki menambah pengalaman Riyanto Subagja di pagi hari. Setelahnya, Seung Ki menundukkan unggulan pertama asal Hongkong, Wong Wing Ki, 23-21 dan 21-15 pada malam harinya di babak semifinal.

Di tunggal putri, babak final akan mempertemukan pemain non-unggulan Korea, Kwon Hee Sook, dan unggulan kedua tuan rumah, Chen Jiayuan. Kwon hari ini menundukkan dua pemain Indonesia, yakni, Bellaetrix Manuputty dan Ana Rovita. Ana yang sebelumnya membuat kejutan dengan mengalahkan unggulan utama Chan Tzs Ka dikalahkan Kwon di semi final dengan 12-21, 14-21. Sedangkan Jiayuan menjegal dua pemain Hongkong, Tse Ying Suet dan Chan Hung Yung, hari ini. Dengan demikian, Indonesia akan nihil gelar di partai tunggal.