Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Sejarah Piala Uber
22 April 2024
Sejarah Piala Uber
 
 

Piala Uber, terkadang disebut Kejuaraan Beregu Wanita Dunia, adalah kompetisi bulu tangkis internasional besar yang diikuti oleh tim bulu tangkis nasional wanita. Pertama kali diadakan pada tahun 1956–1957 dan dipertandingkan dalam selang waktu tiga tahun, perlombaan ini dipertandingkan setiap dua tahun sekali sejak tahun 1984 ketika waktu dan tempat yang dijadwalkan digabungkan dengan waktu dan tempat Piala Thomas, kejuaraan beregu putra dunia.

Pada tahun 2007, Federasi Bulu Tangkis Dunia memutuskan untuk memisahkan final Piala Thomas dan Uber lagi tetapi usulan tersebut akhirnya dibatalkan.

Nama Piala Uber diambil dari nama mantan pemain bulu tangkis wanita asal Inggris, Betty Uber, yang pada tahun 1950 mempunyai ide untuk mengadakan acara wanita yang serupa dengan acara pria.

Dia juga membuat pengundian untuk turnamen perdana 1956–1957, yang berlangsung di Lytham St. Annes di Lancashire, Inggris.

Piala ini mengikuti format yang mirip dengan kompetisi putra Piala Thomas. Hingga turnamen 2024, Tiongkok menjadi tim tersukses dengan meraih 16 gelar. Jepang berada di peringkat kedua setelah memenanginya sebanyak enam kali, disusul oleh Indonesia dan Amerika Serikat yang masing-masing meraih tiga piala. (AH)