Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Satu Gelar Juara dari Fadia
09 Januari 2024
Satu Gelar Juara dari Fadia
 
 

Tidak bisa dipungkiri jika Siti Fadia Silva Ramadhanti merupakan pemain ganda putri terbaik yang dimiliki Indonesia saat ini. Tentunya ia tidak sendiri mengusung label sebagai ganda putri nomor satu Indonesia. Pemain yang akrab dipanggil Fadia bersama dengan Apriyani Rahayu membawa label tersebut.

Sepertinya, tahun 2023 lalu bukan menjadi jalan keberuntungan bagi Fadia dan Apri. Beberapa kali mereka harus mundur dari kejuaraan yang tengah dijalani karena Apri mendapat cedera. Yang paling disayangkan terjadi pada babak final Hylo Open 2023. Saat menjalani laga puncak, Fadia dan Apri harus memberikan kemenangan kepada ganda China, Zhang Su Xian/Zheng Yu ketika papan skor menunjukkan angka 18-21, 1-1. Hal yang sama juga terjadi pada babak semifinal Yonex Swiss Open 2023. Fadia dan Apri menyerahkan kemenangan untuk ganda Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota saat kedudukan 17-21, 10-16. Di kejuaraan Petronas Malaysia Open 2023 Fadia dan Apri juga harus mundur. Padahal mereka sudah ada di babak semifinal.

Kendati demikian, gelar juara masih bisa Fadia dan Apri persembahkan bagi merah putih. Pada kejuaraan dengan level BWF World Tour Super 500 tepatnya pada Victor Hongkong Open 2023 Fadia dan Apri hadir sebagai juara. Sederet pasangan seperti Treesa Joly/Gayatri Gopichand Pullela, Li Wen Mei/Liu Xuan Xuxan, Maiken Frueergard/Sara Thygesen, serta rekannya Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi menjadi korban Fadia dan Apri. Di babak final pasangan Malaysia, Pearly Tan/Thinaah Muralitharan dikalahkan dalam rubber game 14-21, 24-22, 21-9.

Selain menjadi finalis pada kejuaraan Hylo Open 2023, Fadia dan Apri juga tampil di babak puncak pada ajang BWF World Championships 2023. Fadia dan Apri yang menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang berlaga di babak final bertemu dengan andalan China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan. Sayangnya Fadia dan Apri belum bisa membawa gelar juara. Mereka dikalahkan Chen/Jia dengan 16-21, 12-21.

Usaha menggapai babak final di kejuaraan Yonex French Open 2023 pupus. Apri dan Fadia dikalahkan ganda muda China yang sedang naik daun, Liu Sheng Shu/Tan Ning dengan skor, 15-21, 21-17, 14-21.

Dua kali Apri dan Fadia mencoba berjuang di kejuaraan dalam negeri. Sayangnya pada kejuaraan Daihatsu Indonesisa Masters 2023 dan Kapal Api Indonesia Open 2023 Apri dan Fadia harus puas sebagai perempat finalis. Di tiga kejuaraan seperti All England 2023, Perodua Malaysia Masters 2023, dan Victor China Open 2023 Fadia dan Apri juga hanya bisa menembus babak delapan besar. (AR)