Turnamen Internasional
Home > Berita > Turnamen Internasional > [Kilas Balik Piala Sudirman 1997] Pertama Kalinya Terhenti di Semifinal
16 September 2021
[Kilas Balik Piala Sudirman 1997] Pertama Kalinya Terhenti di Semifinal
 
 

Indonesia berhasil menembus empat kali beruntun babak final Sudirman Cup yaitu pada tahun 1989 di Jakarta, 1991 di Denmark, 1993 di Inggris, dan 1995 di Switzerland. Namun pada keikutsertaan yang kelima kalinya di Scotlandia, tim merah putih untuk pertama kalinya belum berhasil melangkah ke partai puncak.

Indonesia tergabung dalam Grup 1B bersama Denmark dan Swedia. Firasat kurang baik sudah terasa kala Indonesia gagal menjadi juara group. Hasil itu didapat usai satu kali meraih kemenangan atas Swedia 5-0, dan satu kali kekalahan atas Denmark 2-3. Sementara itu Denmark juga sukses mengalahkan Swedia dengan 4-1. Dengan demikian maka saat itu Denmark berhak lolos ke semifinal dengan status juara grup.

Pada babak semifinal, Indonesia mau tidak mau harus menghadapi tim tangguh Tiongkok, yang berhasil keluar sebagai juara Grup 1A. Sedangkan Denmark menghadapi runner up Grup 1A, Korea.

Pertarungan di semifinal antara Indonesia kontra Tiongkok terjadi secara ketat. Indonesia yang berambisi untuk bisa membalas kekalahan di final Sudirman Cup 1995, nampaknya belum bisa terwujud. Pasalnya, Tiongkok nampaknya kala itu masih terlalu tangguh usai mengalahkan Indonesia 3-2 di semifinal.

Hasil itu pun membuat Tiongkok kembali ke babak final. Gelar untuk kedua kalinya pun sukses diraih Tiongkok usai mengalahkan Korea di final dengan skor telak 5-0. (ah)