Turnamen Internasional
Home > Berita > Turnamen Internasional > [India Open Super Series 2013] Jalan Terjal Ganda Putra
24 April 2013
[India Open Super Series 2013] Jalan Terjal Ganda Putra
 
 

Perjalanan pemain ganda putra merah putih di ajang India Open Super Series 2013 akan mendapatkan halangan yang cukup terjal. Tiga ganda putra yang turun, sudah harus berhadapan dengan unggulan sejak babak pertama.

Atlet PB Djarum, Yonathan Suryatama Dasuki yang kini berduet besama dengan Hendra Aprida Gunawan sudah harus berhadpaan dengan unggulan tiga yang baru menjuarai kejuaraan Asia, Ko Sung Hyun/Lee Yong Dae. Terpaut selisih 17 peringkat dunia memang cukup membuat Ko/Lee ada di atas angin, namun Yonathan/Hendra bukan pasangan yang akan menyerah begitu saja. Meski menduduki rangking 20, mereka kerap merepotkan pertahanan beberapa pasangan ternama.

Jika mampu lolos ke babak kedua, mereka akan menemukan lawan yang lebih mudah dan berpeluang ke perempat final. Diprediksi akan menunggu di perempat final Maneepong Jongjit/Nipitphon Puangpuapech yang mengandaskan mereka di babak pertama Kejuaraan Asia pekan lalu. Ini merupakan kesempatan revans, untuk meraih tiket menantang Koo Kean Keat/Tan Boon Heong atau Kim Ki Jung/Kim Sa Rang di semifinal.

Sedangkan dua ganda Indonesia lainnya, Ricky Karanda Suwardi/Muhammad Ulinnuha dan Angga Pratama/Ryan Agung Saputra sama-sama berada di papan atas undian. Kedua pasangan ini akan bersua di semifinal, jika mampu membukukan tiga kemenangan sebelumnya.


Langkah Ricky/Ulin bisa jadi lebih terjal. Jika mampu mengatasi Sanjeeth S/Jagadish Yadav di babak pertama, mereka sudah harus bersua dengan unggulan pertama, Mathias Boe/Carsten Mogensen. Sementara Angga/Ryan akan bersua dengan Hoon Thien How/Tan Wee Kiong yang diperkirakan juga akan mampu melaju hingga babak kedua. Kedua pasangan ini bisa jadi akan menjadi penerus persaingan ganda papan atas tanah air dan Malaysia.

Jika lolos dari hadangan Hoon/Tan, Angga/Ryan sepertinya harus berhadapan dengan salah satu ganda Jepang, entah unggulan empat Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa atau Hirokatshu Hashimoto/Noriyasu Hirata yang keduanya memiliki peluang bersua di babak kedua.

Catatan Angga/Ryan berhadapan dengan ganda Jepang itu tidak begitu baik. Dari lima pertemuan berhadapan dengan Noriyasu/Hirokatsu, mereka kalah 4 kali. Terakhir mereka kalah di Singapore Open Super Series 2012 dengan skor telak 11-21 dan 10-21. Sedangkan menghadapi Endo/Hayakawa, mereka mencatatkan satu kemenangan dan tiga kekalahan di mana terakhir mereka kalah di All England 2012 dengan 12-21, 21-17, 14-21. Namun performa mereka yang tengah menanjak dengan gelar juara yang mereka bukukan di Australia Open Grand Prix Gold 2013 dan New Zealand Open Grand Prix, seharusnya Angga/Ryan bisa berbicara banyak di New Delhi. (IR)