Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Tontowi/Liliyana Melaju, Hempaskan Pasangan Malaysia
18 November 2010
Tontowi/Liliyana Melaju, Hempaskan Pasangan Malaysia
 
 

Pemain PB Djarum yang sekarang menghuni Pelatnas, Tontowi Ahmad hari ini (17/11) berhasil menundukkan pemain putra Malaysia, Koo Kien Keat di lahan ganda campuran Asian Games 2010. Perjuangan Tontowi yang berpasangan dengan Lilyana Natsir melawan Koo yang berpasangan dengan Woon Khe Wei ternyata cukup mudah dengan kemenangan 21-10 dan 21-9. Selanjutnya mereka akan bertemu unggulan kelima asal Taipei, Chen Hung Ling/Cheng Wen Hsing.

Chen/Cheng bukanlah lawan mudah. Mereka adalah pasangan peringkat 11 dunia yang menjadi runner up di Canada Open Grand Prix dan semifinalis Japan Open Super Series dan Taipei Open Grand Prix Gold tahun ini. Catatan ini ditambah dengan prestasi masing-masing dari mereka di partai ganda dimana Chen adalah runner up di US Open Grand Prix Gold 2010 bersama Lin Yu Lang, sedangkan Cheng adalah pasangan nomor satu dunia saat ini bersama dengan Chien Yu Chin.

Tetapi Tontowi/Lilyana juga memiliki kelebihan. Salah satunya adalah minimnya informasi lawan tentang gaya permainan mereka karena baru tiga kali pasangan ini terlihat di turnamen internasional tahun ini. Selain itu Lilyana adalah pemain yang sangat matang dan kenyang asam garam. Dipadu dengan Tontowi yang sigap, cekatan, dan berpukulan maut, mereka tentunya berpeluang untuk menjegal Chen/Cheng.

Di babak 16 besar ganda campuran esok hari, atlet PB Djarum lainnya, Fran Kurniawan yang berpasangan dengan Pia Zebadiah Bernadeth juga akan bermain. Mereka akan berhadapan dengan pasangan tuan rumah, He Hanbin/Ma Jin yang hari ini menundukkan Wong Wai Hong/Chau Hoi Wah dari Hongkong dengan dua set langsung.

Dari partai ganda putra, atlet PB Djarum lainnya yang di Pelatnas, Mohammad Ahsan, berhasil memberi kejutan dengan menjegal unggulan keempat, Fang Chieh Min/Lee Sheng Mu dari Taipei. Ahsan yang berpasangan dengan Alvent Yulianto Chandra menang tiga set 21-14, 16-21, dan 21-9. Di perempat final mereka akan berhadapan dengan Guo Zhendong/Xu Chen yang menaklukkan pasangan Thailand Songphon Anugritayawon/Sudket Prapakamol dengan dua set langsung 21-12 dan 21-17.

Selain Ahsan/Alvent, Marki s Kido/Hendra Setiawan juga berhasil melantakkan lawannya yang berasal dari Jepang, Noriyasu Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa dengan skor tipis 21-15, 19-21, dan 21-17. Selanjutnya mereka akan berhadapan dengan Chen Hung Ling/Lin Yu Lang (Taipei) di perempat final.

Dari partai tunggal, satu-satunya harapan Indonesia saat ini tertumpu pada bahu Taufik Hidayat setelah Sony Dwi Kuncoro dan Adriyanti Firdasari kalah di babak 16 besar hari ini. Besok pertandingan akan dimulai kembali pukul 8am WIB dengan jadwal pertandingan pemain Indonesia sebagai berikut:
08:20 Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir
08:45 Fran Kurniawan/Pia Zebadiah Bernadeth
09:50 Taufik Hidayat
19:25 Mohammad Ahsan/Alvent Yulianto Chandra
20:45 Markis Kido/Hendra Setiawan
(DC)