Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Ini Evaluasi Penampilan Riky/Gloria dan Alfian/Annisa
07 April 2016
Ini Evaluasi Penampilan Riky/Gloria dan Alfian/Annisa
 
 

Turnamen Chinese Taipei Open Grand Prix Gold 2016 berakhir kemarin (03/07). Prestasi terbaik Indonesia menempatkan dua wakilnya sebagai semifinalis melalui Hafiz Faisal/Shela Devi Aulia dan Riky Widianto/Gloria Emanuelle Widjaja di sektor ganda campuran. Nova Widianto, pelatih ganda campuran yang mendampingi pemainnya di Taipei, memberikan penalaian atas penampilan anak-anak asuhnya tersebut khususnya pasangan baru Riky Widianto/Gloria Emanuelle Widjaja.

“Riky/Gloria, mencapai hasil yang cukup baik dengan menembus babak semifinal. Mereka bisa mengalahkan unggulan ketujuh di babak pertama, patut diapresiasi, karena pasangan Liao Min Chun/Chen Hsiao Huan (Taiwan), bukanlah pasangan yang mudah dikalahkan,” ujar Nova.

Sementara pasangan lainnya Alfian Eko Prasetya/Annisa Saufika yang sebetulnya juga menjadi andalan, mendapat undian yang cukup berat di kejuaraan ini. Di babak pertama, Alfian/Annisa sudah bertemu dengan wakil Tiongkok, Liu Yuchen/Jia Yifan. Pasangan Indonesia mesti kerja keras dan bermain rubber game hingga akhirnya menang dengan skor 21-18, 19-21, 21-16.

Lolos dari babak pertama, Alfian/Annisa kemudian dihadapkan dengan unggulan pertama, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying (Malaysia). Alfian/Annisa dipaksa menyerah dua game langsung, 15-21, 17-21.

“Sebetulnya Alfian/Annisa punya peluang untuk menang dari Chan/Goh. Tetapi pasangan Malaysia ini pertahanannya kuat dan Alfian/Annisa kurang mau maksa dan kurang yakin bisa menembus pertahanan lawan. Buat apa main enak tapi nggak dapat poin, mendingan main nggak enak tapi dapat poin terus,” ujar Nova, peraih medali perak ganda campuran di Olimpiade Beijing 2008 bersama Liliyana Natsir.

Namun, Nova menilai penampilan Alfian/Annisa mulai menunjukkan grafik yang positif. Dikatakan Nova, fokus saat pertandingan adalah hal utama yang mesti diberesi pasangan ini, terutama Alfian. Nova menambahkan, banyak lawan yang sebetulnya tidak menyukai pukulan-pukulan Alfian, namun ia masih sering kehilangan fokus dan ini mengganggu permainannya.

Sementara dari hasil pertandingan final, gelar juara dikuasai tim dengan tiga gelar dan tuan rumah dengan dua gelar juara. Berikut daftar pemenang Chinese Taipei Open Grand Prix Gold 2016 :

Tunggal Putra : Chou Tien Chien (TPE)

Tunggal Putri : Tai Tzu Ying (TPE)

Ganda Putra : Li Junhui/Li Yuchen (CHN)

Ganda Putri : Huang Dongping/Zhong Qianxin (CHN)

Ganda Campuran : Zheng Siwei/Chen Qingchen (CHN)