Turnamen Internasional
Home > Berita > Turnamen Internasional > Boleh Membawa Bendera
03 Juni 2020
Boleh Membawa Bendera
 
 

Di setiap pertandingan olahraga, terutama usai menjalankan babak final, terkadang pemain yang meraih juara kerap membawa bendera negara saat pengalungan medali. Hal ini juga dilakukan oleh para pemain bulutangkis di beberapa turnamen. Tengok saja saat “The Minnions” meraih medali emas pada ajang Asian Games 2018 saat dilangsungkan di Jakarta. Baik Kevin maupun Marcus sama-sama membalutkan bendera merah putih pada badan mereka.

Sesuai ketentuan badan bulutangkis dunia (BWF) setiap pemain diperbolehkan membawa bendera kebangsaannya pada saat pengalungan medali pada turnamen beregu grade 1. Dalam peraturan BWF, sub Ceremonial Protocol, juga disebutkan bahwa hanya bendera saja yang bisa dibawa ke podium, itupun sepanjang bendera yang dibawa tidak menghalangi pada saat pengalungan medali, penyerahan piala atau hadiah lainnya. Ketentuan lain yang sudah ditetapkan diantaranya adalah peralatan olahraga seperti raket tidak diperkenankan dibawa ke podium.

Ritual membawa bendera ke podium penyerahan medali atau piala rupanya tidak begitu saja diperbolehkan di setiap turnamen yang diselenggarakan oleh BWF. Untuk turnamen perorangan grade 1 dan grade 2, para pemain tidak diperkenankan membawa bendera ke podium. (AR)