Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Piala Uber : Australia Persulit Denmark, Keuntungan bagi Indonesia
11 Mei 2010
Piala Uber : Australia Persulit Denmark, Keuntungan bagi Indonesia
 
 

Dari empat pertandingan putaran final kualifikasi Piala Uber 2010 hari ini (10/5) di Kuala Lumpur, pertandingan di grup B antara Denmark dan Australia dan grup A antara sang tuan rumah Malaysia dan Amerika Serikat terasa paling intens. Australia mampu mencuri kejayaan dua pertandingan dari tangan Denmark sedangkan tuan rumah menang telak dengan peluh berderai.

Rapor pertandingan Denmark benar-benar tercoreng hari ini. Walau menang atas Australia, namun kemenangan itu tipis adanya, 3-2. Australia berhasil merenggut dua poin dari partai tunggal, dengan pemainnya, Renuga Veeran serta Huang Chia Chi yang menang atas Karina Jorgensen dan Mette Poulsen.

Dengan hasil pertandingan tersebut semakin menambah keyakinan tim Indonesia yang bisa menang telak 5-0 dari Australia sehari sebelumnya. Pertemuan Indonesia melawan Denmark akan berlangsung besok hari (11/05)

Sementara Tuan rumah Malaysia sendiri menang telak, tetapi dengan cukup berpeluh. Memang dua kemenangan pertama tergolong mudah. Wong Mew Choo menang 21-7 dan 21-10 atas Rena Wang, dan Tee Jing Yee mengalahkan Eva Lee dengan skor 21-12 dan 21-14.

Namun kemenangan ketiga terasa alot saat Sonia Cheah harus bergulat tiga set, 21-16, 16-21, dan 21-9 melawan Cee Nantana Ketpura; pun dalam waktu 46 menit. Pertandingan terakhir pun tak kalah sengit. Woon Khe Wei/Ng Hui Ling dipepet habis oleh Eva Lee/Mesinee Mangkalakiri walaupun akhirnya 50 menit kemudian Woon/Ng menang 21-17, 22-24, dan 21-14.

Besok (11/5) Malaysia akan bersua lawan sesungguhnya, yakni, China. Kehilangan dua set membuat rapor Malaysia tidak seindah rapor China yang sempurna. Jika ingin menjadi juara grup, Malaysia harus memenangkan tiga pertandingan atas China.

Esok Semua Pertandingan Akan Seru

Selain tentunya memperhatikan perjuangan para anak bangsa sendiri melawan Denmark, serta memperhatikan bagaimana tim tuan rumah ngotot melawan China, dua grup lainnya juga akan menjadi tontonan tersendiri.

Grup C akan menjadi medan pertempuran sengit antara Jepang dan Rusia yang saat ini kedudukannya berimbang. Walau Jepang saat ini memimpin, namun kepemimpinannya hanyalah setipis benang atas Rusia. Mereka sama-sama mengantongi delapan set kemenangan dan tiga set kekalahan, tetapi Jepang memimpin karena secara skor terdulang, ia kalah lebih sedikit.

Pertandingan antara Jepang dan Rusia ini akan terasa seru karena Jepang yang lebih diunggulkan akan bersitegang melawan tim Rusia yang terlihat sangat solid dan penuh bara semangat. Negara yang lebih terkenal dengan olahraga tenisnya ini mampu mencuri perhatian pada hari ini saat mereka membuat Jerman tak berkutik. Hanya seorang Juliane Schenklah yang mampu mempertahankan panji Jerman; empat partai tersisa dibabat habis oleh Anastasia Russkikh dan teman-teman.

Dari Grup D, tentu banyak yang mengidolakan Korea Selatan. Namun pertandingan esok antara Korea Selatan dan India sepertinya juga akan terasa intens karena saat ini kedudukan mereka sama, sehingga kedua negara akan bersitegang optimal untuk menang dan menjadi juara grup.

Jadi, dapat dikatakan esok hari merupakan hari penentuan bagi semua negara calon juara grup. Semua patut disimak; tentunya terutama perjuangan para putri merah-putih. (DC)

Hasil Pertandingan Piala Uber Hari Ini

Grup A: Malaysia vs Amerika Serikat 5-0

Grup B: Denmark vs Australia  3-2

Grup C: Rusia vs Jerman   4-1

Grup D: India vs Afrika Selatan  5-0