Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Kido/Hendra Dan Taufik Menjadi Harapan
11 Desember 2010
Kido/Hendra Dan Taufik Menjadi Harapan
 
 

Harapan Indonesia untuk bisa memboyong gelar juara dari nomor ganda turnamen Hongkong Open Super Series 2010 tinggal bertumpu pada ganda putra Markis Kido/Hendra Setiawan. Juara ganda putra Asian Games 2010 tanpa harus memeras keringat langsung meluncur ke babak semifinal. Lawan yang juga berasal dari Indonesia Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan memberikan kemenangan tanpa tanding kepada Markis Kido/Hendra Setiawan. Dengan hasil ini, pemegang medali emas Olimpiade Beijing ini akan mengulang partai klasik dengan lawan yang juga dikalahkannya di Asian Games 2010 lalu yakni Lee Young Dae/Jung Jae Sung. Dari tujuh kali pertemuan kedua pasangan ini, untuk sementara Pasangan Korea Selatan masih unggul dengan empat kemenangan sementara pasangan Indonesia tiga kali kemenangan.

Mohammad Ahsan/Bona Septano tak berhasil membuat kejutan lanjutan. Setelah pada babak kedua mengalahkan unggulan utama Koo Kean Keat/Tan Boon Heong, di babak perempat final juara Indonesia Open Grand Prix Gold ini menyerah dua set langsung dari unggulan ke enam asal Korea Selatan Ko Sung Hyun/Yoo Yeon Seong dengan 19-21, 19-21.

Di ganda campuran pasangan Fran Kurniawan/Pia Zebadiah gagal mengulang kemenangan yang di raihnya tahun lalu ketika bertemu dengan pasangan Taipei Lee Sheng Mu/Chien Yu Chin. Fran/Pia kali ini harus mengakui ketangguhan pasangan Taipei tersebut dengan 21-12, 15-21, 16-21. Dengan kekalahan ini, rekor pertemuan mereka sementara menjadi imbang 1-1.

Taufik Temu Chen Long

Taufik HidayatHarapan tunggal putra Indonesia, Taufik Hidayat, melaju ke semifinal setelah hari ini mengalahkan Park Sung Hwan (Korsel) 23-21 dan 21-17. Di semifinal ia akan bertemu Chen Long yang hari ini sama-sama menundukkan wakil Korea Selatan, yakni, Lee Hyun Il, dengan skor ujung tanduk 17-21, 21-16, dan 21-19.

Skor pertemuan Taufik-Chen Long berimbang satu sama. Jika Chen mengalahkan Taufik di Malaysia Open Grand Prix Gold 2009, Taufik mengalahkannya di French Open Super Series 2009, empat bulan setelahnya. Di kedua pertemuan itu, pertandingan berjalan alot dengan skor tak berat sebelah. Walaupun Taufik menang pengalaman, namun Chen Long juga bukan lagi pemain hijau karena hanya dengan kiprah sejak tahun 2008 akhir, ia telah berhasil menjuarai Bitburger Open 2010 dan China Open Super Series 2010 serta kini menduduki peringkat empat dunia, persis di bawah Taufik. Karena itulah pertandingan antara Taufik dan Chen besok akan menarik karena sulit mempredikasi siapa yang akan memenangkan pertarungan tersebut.

Pertandingan tunggal Indonesia satu-satunya ini akan berlangsung pada pukul 17:30 WIB. Semifinalis tunggal putra lainnya adalah unggulan pertama asal Malaysia, Lee Chong Wei yang berhadapan dengan unggulan kedelapan asal Vietnam, Nguyen Tien Minh. (AR/DC)

Link Hasil Pertandingan Hongkong Open Super Series 2010