Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Thomas Cup : Jepang Tundukkan Malaysia, Indonesia Hadapi India
12 Mei 2010
Thomas Cup : Jepang Tundukkan Malaysia, Indonesia Hadapi India
 
 

Tim Thomas Cup Jepang membat kejutan dengan menundukkan tim Malaysia dengan kedudukan akhir 3-2. Dengan hasil ini tim Jepang memimpin grup B menggeser posisi Malaysia, sementara Nigeria tetap menjadi juru kunci.

Malaysia membuka dua angka kemenangan melalui Lee Chong Wei dan ganda putra Koo Kean Keat/Tan Boon Heong. Lee Chong Wei membabat tunggal terbaik Jepang, Kenichi Tago dengan 21-12, 21-13. Sementara Koo Kean Keat/Tan Bon Heong mengalahkan pasangan Noriyasu Hirata/Hirokatsu Hashimoto dengan 21-13, 21-17. Diluar dugaan, Jepang memborong tiga angka kemenangan di tiga nomor yang tersisa. Pemain veteran Malaysia, Wong Choong Han menyerah pada Sho Sasaki dengan 17-21, 18-21. Ganda kedua Malaysia Mohd Fairuzizuan Mohd Tazari / Mod Zakry Abdul Latif juga gagal mempersembahkan angka bagi timnya setelah kalah dari Kenichi Hayakawa/Kenta Kazuno dengan 15-21, 12-21. Pemain Malaysia, Mohd Hafiz Hashim sempat memberikan harapan pada partai terakhir saat menghadapi Shoji Sato. Kalah pada set pertama dengan 10-21, pemain Malaysia balik merebut set kedua dengan 21-14. Namun pada set penentuan, Mohd Hafiz Hashim menyerah dengan 18-21.

Tim Thomas Cup China semakin mantap menduduki peringkat pertama grup A setelah pada pertandingan penentuan juara grup mengalahkan Korea Selatan. Korea Selatan menggagalkan kemenangan sempurna China  dengan berhasil mencuri satu angka kemenangan. Korea Selatan yang  tidak menurunkan ganda Lee Young Dae merebut satu angka kemenangan melalui ganda kedua mereka sehingga kedudukan akhir menjadi 4-1. China membuka kemenangan melalui Lin “Super” Dan yang mengalahkan Park Sung Hwan dengan perolehan angka sangat ketat 21-18, 25-23. Ganda utama China, Fu Haifeng/Cai Yung membawa China memimpin 2-0 setelah mengalahkan Jung Jae Sung /Baek Cheol Shim dengan 21-11, 21-12. Kepastian kemenangan China di tentukan melalui tunggal kedua Chen Jin yang mengalahkan Wan Ho Shon dengan 21-14, 21-13. China pun unggul 3–0 atas Korea Selatan. Aksi ganda kedua Korea Selatan, Yeon Seong Yoo/Sung Hyun Ko, membuyarkan kemenangan sempurna China. Tanpa di duga mereka mampu membungkam Guo Zhendong / Xu Chen, dengan 21-19, 19-21, 21-19. Pada partai terakhir Bao Chunlai melengkapi kemenangan China dengan mengalahkan Lee Hyun Il dengan 21-18, 21-15.

Tim Thomas Cup Indonesia kembali hadapi India

Dari hasil pengundian ulang babak perempat Final, tim Thomas Cup Indonesia yang menempati unggulan kedua dan berada pada pool bawah,  kembali akan menghadapi tim Thomas Cup India.  Jika Indonesia bisa kembali mengatasi tim India, maka lawan di babak semifinal akan ditentukan oleh pemenang antara Jepang melawan Jerman.

Tim Thomas Cup China yang berada pada pool atas, pada babak perempat Final juga kembali harus menghadapi tim Thomas Cup Korea Selatan, tim yang dikalahkannya pada saat penentuan juara grup.  Pemenang antara China–Korea selatan akan menghadapi pemenang antara Malaysia dengan Denmark untuk saling bertemu pada babak semifinal. (AR)