Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Thomas Cup : Indonesia Pukul Australia
09 Mei 2010
Thomas Cup : Indonesia Pukul Australia
 
 

Tim Thomas Cup Indonesia yang bermain di hari pertama grup D putaran final Thomas – Uber Cup yang berlangsung di Sport Complex Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia berhasil memukul tim lemah Australia 5 – 0. Seluruh pemain Indonesia menang tanpa harus kehilangan satu set pun.

Taufik Hidayat membuka angka kemenangan menjadi  1 – 0 untuk Indonesia saat menghadapi tunggal utama Australia, Jeff Tho. Di awal set pertama Taufik masih memerlukan adaptasi dengan lapangan sehingga pemain Australia berperingkat 169 dunia – per 6 Mei 2010, Sempat memimpin pada angka 12-11. Namun setelah angka berhasil disamakan 12 – 12, Taufik pun melesat hingga memenangkan set pertama dengan 21-12. Di set kedua meski Taufik yang terlihat bermain santai, tetap menguasai jalannya permainan. Sesekali Taufik memperagakan pukulan atraktifnya. Set kedua Taufik kembali menang dengan 21-12.

Partai kedua mempertemukan ganda utama Indonesia, Markis Kido/Hendra Setiawan dengan Ross Smith/Glen Warfe. Set pertama, Markis Kido/Hendra Setiawan tampil dominan. Smes keras Kido yang dipadu dengan permainan depan Hendra Setiawan membuat peraih emas Olimiade Beijing ini unggul dengan 21-14. Memasuki set kedua pasangan Australia bermain lepas dan mulai menekan. Bermain dengan bola datar serta penempatan bola yang akurat membuat pasangan Australia unggul hingga 11-9. Markis Kido/Hendra Setiawan berusaha bangkit dan berhasil menyamakan kedudukan menjadi 13-13. Angka pun bergerak sangat rapat, namun pasangan Indonesia akhirnya berhasil menang dengan 24-22 setelah pukulan datar pemain Australia gagal melewati jaring.

Di partai ketiga, Indonesia menurunkan Simon Santoso, sementara Australia menurunkan Chad Whitehead.  Setelah paruh set partama unggul dengan 11-4, Juara Denmark Open 2009 sempat kehilangan konsentrasi sehingga pemain Australia berperingkat 348 dunia ini sempat mengejar menjadi 13-11. Namun setelah itu, Simon berhasil bangkit dan menang dengan 21-13. Di set kedua dominasi Simon tak terbendung, Simon menang telak dengan 21-4 dan membuat Indonesia unggul 3–0 atas Australia.

Nova Widianto yang berpasangan dengan Mohammad Ahsan yang bermain pada partai ke empat, bermain apik saat menghadapi pasangan Australia, Raj Veeran/Jeff Tho. Kombinasi pemain senior dan yunior ini tampil kompak. Pasangan Australia tak berdaya dan menyerah dua set langsung dengan 21-13, 21-6.

Pada partai kelima Indonesia menurunkan pemain asal PB Djarum, Dyonisius Hayom Rumbaka untuk menghadapi pemain Australia Stuart Gomez.  Menghadapi Gomez, Hayom belum menampilkan permainan terbaiknya. Meski bermain santai, Hayom unggul dua set langsung dengan 21-16, 21-10.

Dengan hasil ini untuk sementara Indonesia memimpin grup D dan besok (10/5) akan menghadapi tim Thomas Cup India (AR)