Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [BWF World Junior Championships 2023] Alwi Sukses Merebut Gelar Juara Dunia Junior
08 Oktober 2023
[BWF World Junior Championships 2023] Alwi Sukses Merebut Gelar Juara Dunia Junior
 
 

Tunggal putra Indonesia, Alwi Farhan sukses merebut gelar juara di BWF World Junior Championships 2023. Di partai puncak, Alwi mengandaskan unggulan tiga asal China, Hu Zhe An melalui rubber game, 21-19, 19-21, 21-14.

Raut gembira terpancar jelas dari wajah Alwi. Ia tak henti-hentinya mengucap syukur atas pencapaian yang ia dapat di The Podium Spokane, Washington, Amerika Serikat, Minggu (8/10). Setelah tahun lalu gagal di babak awal, Alwi kini membuktikan dengan hasil yang membanggakan.

“Alhamdulillah saya sangat bersyukur dengan hasil ini. Rasanya tidak menyangka akhirnya bisa menjadi juara dunia junior. Dari awal saya memang sangat berharap bisa menang di sini. Tapi tetap saja saya tidak menyangka akhirnya bisa terwujud,” ungkap Alwi.

“Tahun lalu begitu berat buat saya, tapi akhirnya saya bisa membuktikan kalau bisa menjadi juara. Ini semua berkat dukungan dari orangtua, keluarga, pelatih, tim support semua yang membuat saya seperti ini,” lanjutnya.

Hasil ini juga cukup berarti buat Alwi, karena akhirnya ia berhasil mengalahkan Hu di lapangan. Sebelumnya di Asia Junior Championships 2023 dan BWF World Junior Mixed Team Championships 2023 pekan lalu, Alwi selalu kalah dari Hu.

“Kunci kemenangan hari ini, saya harus lebih percaya diri. Karena di babak final ini tidak hanya berbicara soal skill tapi juga soal mental, pikiran dan fokus. Jadi di game tadi saya lebih unggul di mental dan pikirannya,” kata Alwi soal kunci kemenangannya.

“Pastinya sangat senang dengan hasil ini tapi saya tidak mau cepat puas. Karena masih banyak yang harus saya kejar. Ini baru di level junior belum di level senior. Habis ini saya mau berlatih lebih lagi dan menentukan target lainnya di level senior,” jelas Alwi.

Dengan hasil ini maka Indonesia berhasil membawa satu medali emas dari Alwi, medali perak dari Chiara Marvella Handoyo dan nomor beregu campuran, serta satu medali perunggu dari ganda campuran Jonathan Farrell Gosal/Priskila Venus Elsadai. (NAF)