Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Indonesia Pastikan Satu Emas Lagi
17 Desember 2009
Indonesia Pastikan Satu Emas Lagi
 
 

Indonesia memastikan mendapat tambahan satu medali emas, satu medali perak dari bulutangkis nomor perorangan Sea Games 2009 setelah terjadi all Indonesian final di tunggal putra. Dua pemain andalan Indonesia, Sony Dwi Kuncoro akan menghadapi Simon Santoso di partai Puncak untuk memperebutkan medali emas. Sebelumnya di babak semifinal, Sony harus berjuang ketat selama 3 set saat melawan pemain Thailand Tanongsak S sebelum akhirnya menang dengan 21-10, 18-21, 21-17, sementara Simon Santoso menang mudah atas pemain Vietnam, Nguyen Hoang Hai dengan 21-17, 21-19.

Peluang Indonesia untuk menambah raihan medali emas dari bulutangkis masih terbuka lebar. Pemain-pemain Indonesia berhasil menempatkan diri di partai final pada nomor ganda putra dan ganda campuran. Di ganda putra pada babak final akan terjadi partai klasik antara pasangan Indonesia Markis Kido / Hendra Setiawan yang akan menghadapi pasangan dari Malaysia Koo Kean Keat / Tan Boon Heong. Baik Markis Kido / Hendra Setiawan, maupun Koo Kean Keat / Tan Boon Heong, masing-masing di babak semifinal berhasil mengalahkan pasangan lapis kedua. Markis Kido / Hendra Setiawan menggulung Mohd Fairuz Tazari / Mohd Zakry Abdul Latif dengan rubber set 27-25, 15-21, 21-16, sementara Koo Kean Keat / Tan Boon Heong mengalahkan Mohammad Ahsan/ Bona Septano dengan 21-16, 21-10.

Harapan meraih medali emas dari ganda campuran kini hanya bertumpu pada pasangan Nova Widianto / Liliyana Natsir. Setelah mengalahkan pasangan Malaysia Koo Kean Kit / Wong Pei Tty di semifinal dengan 21-10, 21-11, di partai final, pasangan peraih medali Perak Olimpiade Beijing 2008 akan di tantang pasangan Thailand Songphon Anugritayawon / Kunchala Voravichitchaikul.

Di bagian putri, Indonesia gagal mempersembahkan medali emas. Pasangan Shendy Puspa Irawati / Meiliana Djauhari yang menjadi satu-satunya harapan bagi Indonesia kandas di babak semifinal. Shendy / Meiliana takluk dari unggulan utama asal Malaysia, Wong Pei Tty / Chin Eei Hui dengan 12-21, 15-21. Di final, pasangan Malaysia akan menghadapi pasangan dari Singapura Shinta Mulia Sari / Yao Lei.

Jika Indonesia berhasil menciptakan final sesama Indonesia di tunggal putri pada Sea Games 2007 lalu, kali ini giliran Thailand yang berhasil menciptakan All Thailand Final. Salakjit Ponsana akan bersaing untuk berburu medali emas dengan Intanon Ratchanok di babak final. (AR)

Partai Final :

Sony Dwi Kuncoro (INA) - Simon Santoso (INA)
Salakjit Ponsana (THA) - Intanon Ratchanok (THA)
Markis Kido / Hendra Setiawan (INA) - Koo Kean Keat / Tan Boon Heong (MAS)
Wong Pei Tty / Chin Eei Hui (MAS) - Shinta Mulia Sari / Yao Lei (SIN)
Nova Widianto / Liliyana Natsir (INA) - Songphon Anugritayawon / Kunchala Voravichitchaikul (THA)