Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Thailand Masters 2016] Saina Mundur, Dinar ke Babak Kedua
09 Februari 2016
[Thailand Masters 2016] Saina Mundur, Dinar ke Babak Kedua
 
 

Saat ini, srikandi merah putih tengah berjuang di Thailand Masters 2016. Salah satu diantaranya adalah Dinar Dyah Ayustine. Atlet Pelatnas binaan PB Djarum ini berhasil melaju ke babak kedua setelah berhasil memenangi laga pembuka pada Selasa (9/2) kemarin.

Sedianya, Dinar sudah harus berjumpa dengan Saina Nehwal di babak pertama. Tetapi, Saina yang batal hadir membuatnya berjumpa dengan rekan senegaranya, Rusyidina Antardayu Riodingin.

"Tentunya saya merasa diuntungkan sekali, saya jadi punya kesempatan lebih besar untuk melaju ke babak kedua," kata Dinar soal mundurnya Nehwal seperti dilansir oleh badmintonindonesia.org.

Kesempatan untuk melaju ke babak kedua ini pun sukses ia manfaatkan. Berhadapan dengan Rusyidina, Dinar berhasil menang dalam drama tiga game. Usai kalah tipis 19-21 di game pembuka, Dinar berhasil melakukan “come back” di dua game berikutnya. Ia berhasil meraih kemenangan yang ia butuhkan dengan 21-8 dan 21-10.

“Di game pertama saya sempat kebingungan karena lapangan saya searah angin. Mukul pakai tenaga sedikit saja langsung out. Saya lalu ketinggalan jauh, dan saat interval sudah mulai enak mainnya, tetapi mau mengejar sudah kejauhan angkanya,” ujar Dinar.

Dinar dan Rusyidina bertarung dikelas yang sama selama remaja dan taruna. Mereka sebelumnya kerap berjumpa di ajang turnamen nasional seperti Djarum Sirkuit Nasional (Djarum Sirnas) maupun turnamen swasta nasional lainnya.

“Saya sudah sering berhadapan dengan Rusydina, sejak di kelas remaja dan taruna dulu, jadi sudah tahu permainan dia seperti apa. Rusydina adalah pemain yang ulet, nggak gampang mati sendiri, transisi antar pukulannya juga bagus. Dua tahun lalu saya kalah dari Rusydina dan saya belajar dari kekalahan itu,” lanjutnya.

Kemenangan ini membawa Dinar untuk berjumpa dengan atlet Jerman, Karin Schnaase. Atlet berperingkat 26 dunia ini berhasil meraih tiket ke babak kedua setelah mengalahkan alumni PB Djarum, Febby Angguni dengan 21-14, 16-21 dan 21-17.

“Yang penting yakin saja kalau saya bisa unggul dari dia, semoga saya bisa mengeluarkan permainan saya. Schnaase adalah pemain yang unggul di bola lob dan chop, saya mewaspadai ini,” pungkas Dinar.

Dinar memang menjadi satu-satunya wakil Pelatnas yang turun di negeri gajah putih itu, tapi ia berhasil melaju ke babak kedua bersama atlet asal Jaya Raya, Ruselli Hartawan. Atlet yang akrab disapa Meimei itu melaju setelah menghentikan atlet Singapura, Liang Xiaoyu dengan 21-13, 7-21 dan 21-14. Selanjutnya, Meimei akan berhadapan dengan unggulan tiga asal Korea, Sung Ji Hyun yang menang tanpa bertanding setelah Saili Rane asal India mundur dari turnamen. (RI)