Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Hong Kong Open Super Series 2012] Tommy Jadi Harapan Terakhir Tunggal Putra
22 November 2012
[Hong Kong Open Super Series 2012] Tommy Jadi Harapan Terakhir Tunggal Putra
 
 

Sumber foto: pb-pbsi.org

Indonesia akhirnya hanya meloloskan satu wakilnya di nomor tunggal putra ke babak kedua Hong Kong Open Super Series 2012. Hanya Tommy Sugiarto yang sukses meraih kemenangan di babak pertama yang digelar kemarin (21/11). Sementara wakil lainnya harus angkat koper.

Sony Dwi Kuncoro menjadi atlet pertama yang harus menghentikan langkahnya usai kalah dua game langsung. Ia menyerah ditangan tunggal Denmark, Hans Kristian Vittinghus, 10-21 dan 14-21. Salah satu tunggal terbaik yang dimiliki Indonesia, dan juga menjadi seorang legenda bulutangkis, Taufik Hidayat akhirnya menyerah ditangan tunggal Jepang, Takuma Ueda. Ia menyerah dengan 21-19, 21-23 dan 16-21. Meski kalah dengan skor cukup ketat, Taufik merasa permainannya tidak sebaik biasanya.

“Permainan saya kurang baik hari ini, semoga akan bisa lebih baik di Macau nanti,” ujar Taufik kepada pb-pbsi.org.

Berikutnya giliran Dionysius Hayom Rumbaka yang tersingkir. Melalui laga yang sangat ketat, atlet besutan PB Djarum ini akhirnya menyerah dengan skor sangat ketat dari Daren Liew. Runner up Indonesia Open Grand Prix Gold 2012 itu kalah dengan 21-23 dan 22-24.

Tommy pun akhirnya membawa kabar baik untuk Indonesia. Putra mantan pebulutangkis Icuk Sugiarto itu akhirnya lolos ke babak kedua usai menyingkirkan pebulutangkis tuan rumah, Wong Wing Ki. Menang 21-12, Tommy kehilangan game kedua dengan 10-21. Beruntung di game pamungkas ia berhasil unggul 21-15.

“Lawan banyak unggul di permainan depan (net), sehingga dia mudah melancarkan serangan. Hal ini cukup menyulitkan saya di game kedua. Tetapi di game ketiga saya bisa kembali memegang kontrol permainan dan membuat dia kesulitan menyerang,” ujar Tommy.

Di babak kedua, Tommy akan berhadapan dengan Kashyap Parupalli. Tunggal asal India itu lolos ke babak kedua setelah berhasil menyingkirkan tunggal Denmark yang juga unggulan ketujuh, Jan O Jorgensen dengan kemenangan tipis 24-22, 20-22 dan 22-20.

Pertemuan di babak kedua ini yang akan digelar hari ini (22/11) akan menjadi pertemuan keenam mereka dengan rekor pertemuan adalah 3-2 untuk Tommy. Tetapi pertemuan terakhir mereka terjadi hampir dua tahun silam, lebih tepatnya di babak perempat final India Grand Prix Gold 2010, kala itu Tommy menyerah 21-18, 17-21 dan 18-21. (IR)