Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Yonex Sunrise Guwahati Masters 2023] Satu Gelar Juara Dari Tunggal Putra
09 Desember 2023
[Yonex Sunrise Guwahati Masters 2023] Satu Gelar Juara Dari Tunggal Putra
 
 

Kejuaraan bulutangkis Yonex Sunrise Guwahati Masters 2023 sudah memasuki babak final, tetapi Indonesia sudah memastikan memperoleh satu gelar juara. All Indonesian Final rupanya berhasil diciptakan oleh wakil Indonesia yang berlaga pada kejuaraan dengan level BWF World Tour Super 100 yang berlangsung di Guwahati, Assam, India. Dua tunggal putra masa depan Indonesia menjadi penentu gelar bagi merah putih.

Alvi Wijaya Chairullah, Yohanes Saut Marcellyno menjadi pemain Indonesia yang akan berlaga di babak puncak besok (10/12). Keduanya akan saling berhadapan untuk memperebutkan gelar juara. Keduanya belum pernah bertemu dalam pestandingan resmi. Tetapi sebagai sesama pemain Pelatnas, keduanya sudah terbiasa berlatih bersama.

Pertandingan antara Indonesia dengan Malaysia terjadi hari ini (9/12), di sektor tunggal putra babak semifinal. Alvi dan Yohanes sama-sama berburu tiket babak final menghadapi pemain negeri Jiran, Malaysia. Bedanya, Alvi tidak harus menyelesaikan pertandingan babak empat besar karena lawanya Justin Hoh mundur sebelum pertandingan selesai. Alvi menang 21-11, 11-2 (retired). Yohanes pun tak perlu bermain rubber game seperti yang dilakoni saat bertanding di babak perempat final. Yohanes menang straight game 21-10, 21-19 atas Cheam June Wei.

"Penampilan Alvi dan Saut sangat konsisten, tenang dan berani saat pertandingan berlangsung, padahal mereka berdua melalui laga yang sangat ketat dan berhadapan dengan lawan-lawan yang bagus," ujar Harry Hartono, Pelatih Tunggal Putra seperti yang dikutip dari tim Humas dan Media PP PBSI

Denmark, Taiwan mengirim dua wakil di babak final. Sektor ganda campuran dan tunggal putri masih akan melihat wakil negeri Skandinavia berlaga di babak puncak. Tuan rumah India, Thailand, Singapura, dan Malaysia sama-sama menempatkan satu wakilnya di babak puncak. (AR)

*Sumber foto: PBSI