Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Uber Cup: Tim Putri Indonesia Gemilang di Hari Pertama
10 Mei 2010
Uber Cup: Tim Putri Indonesia Gemilang di Hari Pertama
 
 

Tim Uber Indonesia yang berada di Grup B putaran final kualifikasi Piala Uber 2010 memulai laganya dengan cemerlang hari ini di Kuala Lumpur, Malaysia. Melawan tim Australia, tim Indonesia menurunkan kekuatan penuh dan menang telak 5-0 tanpa kehilangan satu set pun.

Kekuatan penuh itu terdiri dari Maria Febe Kusumastuti, Adriyanti Firdasari, dan Maria Kristin Yulianti di partai tunggal serta Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari dan Shendy Puspa Irawaty/Lilyana Natsir di partai ganda.

Pertandingan tersingkat dilalui oleh ganda kedua, Shendy/Lilyana saat melawan Kate Wilson Smith/Eugenia Tanaka. Shendy/Lilyana menang 21-13 dan 21-11 dalam waktu 20 menit. Sedangkan pertandingan terlama adalah pertandingan ganda pertama antara Greysia/Nitya melawan Renuga Veeran/He Tian Tang yang berlangsung selama 29 menit, dan akhirnya dimenangkan Indonesia 21-16 dan 21-11.

Pertandingan tim Uber Indonesia selanjutnya akan berlangsung pada hari Selasa, 11 Mei 2010, melawan Denmark dimana Indonesia seharusnya tidak mengalami aral berarti mengingat pentolan tunggal Denmark, Tine Rasmussen, absen karena cedera. Yang perlu dicermati hanyalah tim ganda mereka yang diperkuat oleh Line Kruse/Mie Schjoett-Kristensen (peringkat 20 dunia) serta Lena Frier Kristiansen/Kamilla Rytter Juhl (peringkat 28 dunia).

Dengan pincangnya sektor tunggal Denmark, maka Indonesia pun berpeluang besar meraih juara grup.

"Kalau Maria Febe Kusumastuti dan kawan-kawan bisa menjadi juara grup, maka peluang untuk bertemu China kemungkinannya kecil karena negara tersebut bisa dipastikan menjadi juara grup," ujar Yopi Rosimin, Ketua PB Djarum Kudus.

Maria Kristin Yulianti
sumber : www.thomasuberkl2010.com
Inilah hasil tim Uber Indonesia melawan tim Uber Australia:
1. Maria Febe Kusumastuti vs Leanne Choo: 21-13, 21-5 (26 menit)
2. Greysia Polii/Nitya Krishinda vs Renuga Veeran/He Tian Tang: 21-16, 21-11 (29 menit)
3. Adriyanti Firdasari vs Erica Pong: 21-12, 21-5 (24 menit)
4. Shendy Puspa Irawaty/Lilyana Natsir vs Kate Wilson Smith/Eugenia Tanaka: 21-13, 21-11 (20 menit)
5. Maria Kristin Yulianti vs Chia Chi Huang: 21-6, 21-13 (25 menit)

Tim Putri Jepang Kecolongan Set

Dari semua pertandingan yang berlangsung hari ini, hanya tim putri Jepang dari Grup C yang tidak menorehkan hasil sempurna dikarenakan tunggal pertama mereka, Eriko Hirose, tumbang di tangan putri Jerman, Juliane Schenk 15-21 dan 12-21.

Hampir saja Jepang kembali tertampar Juliane di partai ganda dimana Juliane yang berpasangan dengan pemain senior lainnya, Birgit Overzier menyeret Satoko Suetsuna/Miyuki Maeda ke rubber set. Untunglah Satoko/Miyuki mampu menggagalkan Juliane merebut kejayaan kedua; mereka menang 21-17, 18-21, 21-11.

Dari Grup A, China menang mutlak 5-0 atas Amerika Serikat tanpa kehilangan satu set pun, dan bahkan dengan tempo singkat. Tempo terlama hanyalah 21 menit. Korea Selatan dari Grup D pun tak mau kalah. Negeri ginseng ini menang telak atas Afrika Selatan, juga tanpa kehilangan set, dan bahkan dengan tempo yang lebih cepat lagi; maksimum 19 menit. (DC)