Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Seluruh Pasangan Ganda Putri Melaju
29 Juli 2010
Seluruh Pasangan Ganda Putri Melaju
 
 

Seluruh Pemain ganda putri Indonesia masih belum terhadang pada kejuaraan Kumpoo Macau Open Badminton Championships 2010. Meiliana Jauhari/Greysia Polii masih terlalu tangguh bagi pasangan dari Thailand Duanganong Aroonkesorn/Kunchala Voravichitchaikul. Di awal set pertama pasangan Thailand sempat memimpin perlohan angka dengan 3-8. Perlahan Meiliana/Greysia mulai menemukan pola permainan mereka sendiri hingga akhirnya berhasil menyamakan kedudukan menjadi 8-8. Setelah itu pun unggulan ke lima ini melesat dan mengakhiri set pertama dengan 21-14. Hingga jeda  set kedua perolehan angka masih berkejaran rapat. Kejar menegejar angka terjadi hingga angka 10-10. Unggul dalam permainan net, Meiliana/Greysia mulai memimpin dalam perolehan angka dan semakin tak terkejar hingga menutup set kedua dengan 21-16.

Pia Zebadiah yang berpasangan dengan pemain dari PB Djarum Debby Susanto juga menempatkan diri pada babak kedua. Hanya dalam waktu 15 menit, kedua pemain ini mengalahkan pasangan tuan rumah Soi Cheng Fong/Pek San Ieong dengan 21-16, 21-5. Anneke Feinya Agustine/Annisa Wahyuni ikut lolos dari hadangan pasangan China Taipei Chang Hsin Yun/Chia Wen Lai.  Setelah menang di set pertama dengan 21-15, pada babak kedua Anneke/Annisa sempat dibuat kerepotan oleh pasangan China Taipei. Meski sempat unggul 10-5, pasangan China Taipei ini bangkit dan mengejar hingga 10-10. Tapi setelah itu Anneke/Annisa kembali kepada bentuk permainannya. Set kedua menjadi milik Anneke/Annisa dengan kedudukan akhir 21-17.

Vita Marissa yang kembali menggandeng pemain Thailand Saralee Thoungthongkam sebagai pasangannya di  ganda putri  menang mudah atas pasangan dari Kanada Alex Bruce/Michelle Li dengan 21-8. 21-8. Sayangnya undian kali ini tidak berpihak kepada pemain ganda putri Indonesia. Dua pasang ganda putri harus bertemu dengan dua unggulan teratas pada babak kedua. Pia Zebadiah/Debby Susanto yang berada pada pool atas harus menghadapi unggulan utama asal Jepang Miyuki Maeda/Satoko Suetsuna. Di pool bawah, Anneke Feinya Agustine/Annisa Wahyuni bertemu unggulan kedua asal Malaysia Wong Pei Tty/Chin Eei Hui. Sementara Meliana Jauhari/Greysia Polii harus menghadapi Vita Marissa/Saralee Thoungthongkam.

Empat pasang ganda campuran Indonesia berada pada babak kedua. Pasangan asal PB Djarum Muhammad Rijal/Debby Susanto pada babak pertama mengalahkan pasangan China Taipei Lin Yen Jui/Chiang Kai Hsin dengan 21-19, 21-8.  Akhmad Tantowi/Liliyana Natsir yang menjadi unggulan ke enam juga turut maju ke babak kedua. Wee Kiong Tan/Ke Wei Woon dari Malaysia yang menjadi lawan mereka di babak pertama dikalahkan dengan 21-14, 22-20.

Fran Kurniawan/Pia Zebadiah memukul runner-up ganda campuran Li Ning Singapore International Series 2010 Yohan Hadikusumo Wiratama/Ying Suet Tse asal Hongkong hanya dengan dua set. Set pertama perburuan angka sangat ketat. Angka kembar sering terjadi sampai kedudukan 13-13. Meski setelah itu Fran/Pia unggul dalam perolehan angka, namun angka yang didapat hanya bisa bergerak tipis. Pasangan Hongkong selalu menempel perolehan angka mereka. Set pertama akhirnya di tutup Fran/Pia dengan 21-17. Hal yang sama terulang di set kedua. Pasangan Hobgkong selalu bisa membayang-bayangi  perolehan angka Fran/Pia. Setelah angka sama pada kedudukan 9-9, Fran/Pia melesat pada angka 17-11. Namun setelah itu pasangan Hongkong masih mampu menempel dan mendapat empat tambahan angka menjadi 17-15. Fran/Pia hanya memberi satu tambahan angka untuk pasangan Hongkong sebelum menutupnya dengan 21-16. Unggulan utama Hendra Aprida Gunawan/Vita Marissa belum menemui lawan berarti. Teik Chai Gan/Hui Ling Ng asal Malaysia di hempaskannya dengan 21-17, 21-14.

Markis Kido/Hendra Setiawan memimpin pasukan ganda putra melaju ke babak kedua. Menghadapi pasangan dari Belanda Jorrit De Ruiter/Dave Khodabux pada babak pertama, Kido/Hendra menang dua set langsung dengan 21-12, 21-13. Rian Agung Saputro/Angga Pratama yang harus merangkak dari babak kualifikasi kembali meneruskan kejayaannya. Pasangan asal Jepang Naoki Kawamae/Shoji Ito dikalahkannya dengan 21-13, 21-17. Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan juga tak mau kalah. Unggulan ketiga ini juga ikut menjejakkan kakinya di babak kedua setelah mengalahkan pasangan Hongkong Chun Yiu Leung/Lok Kei Lo dengan 21-10, 21-10.

Rendy Sugiarto/Afiat Yuris Wirawan tak dapat melangkah lebih jauh. Bermain ruber game di babak pertama saat menghadapi pasangan dari China Taipei Huang Po Yi/Lu Chia Pin, Rendy/Afiat menyerah dengan 19-21, 21-16, 10-21. Satu kekalahan lagi dialami pasangan ganda campuran Markis Kido/Lita Nurlita yang harus menyerah dari unggulan ketiga Shongphon Anugritayawon/Kunchala Voravichitchaikul dengan 13-21, 21-15, 18-21.