Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Pebulutangkis Indonesia Serbu India Open
25 Maret 2009
Pebulutangkis Indonesia Serbu India Open
 
 

Mantan Pemain pelatnas Indonesia yang beralih menjadi pemain profesional menyerbu Turnamen bulutangkis India Open. Selain mantan pemain Pelatnas, PB Djarum juga menurunkan wakil-wakilnya. Tak mau ketinggalan Para Pemain pelatnas pun datang dan bermain di semua nomor, bahkan di ganda putri akan bertanding dua pasang yang baru bergabung dengan pelatnas. Turnamen dengan berkategori "Gold" di selenggarakan dari tanggal 24 - 29 Maret 2009.

Di tunggal Putra Pemain Pelatnas hanya diwakili oleh Tomy Sugiarto mendampingi Unggulan kedua Taufik Hidayat serta Andre Kurniawan Tedjono yang menempati ungguan kelima. Dibabak pertama Tommy akan menantang pemain tuan rumah yang di unggulkan di tempat kelimabelas Kasyhap P, Andre Kurniawan Tedjono juga akan menghadapi pemain tuan rumah Nigel DSA, sementara Taufik Hodayat akan menghadapi pemain kualifikasi .

Di tunggal Putri tercatat nama Peraih medali perunggu Olimpiade Beijing, Maria Kristin yang menempati unggulan ke empat. Pemain yang baru pulih dari cidera berkepanjangan pada babak pertama akan menghadapi pemain Singapura Zhang Beiwen. Jika mampu menghadang pemain Singapura, di babak kedua Zu Jing jing rasanya akan menjadi lawan Maria berikutnya.

Fernando Kurniawan / Lingga Lie yang diunggulkan di posisi ke tiga di babak pertama sudah harus berhadapan dengan pemain China Chai Biao / Liu Xiaolong. Sementara Alvent / Hendra Aprida Gunawan akan menghadapi pasangan tuan rumah Anup Shridar / Djiu Valiyaveetil. Jika kedua pasangan Indonesia berhasil mengalahkan lawan2nya, maka di babak kedua mereka sudah harus berhadapan satu dengan lain. Wifqi Windarto / Afiat Yuris Wirawan yang turun dengan bendera PB Djarum di babak pertama akan menantang Unggulan ke enam asal Malaysia Hoon Thien How / Lin Woon Fui sedangkan Joko Riyadi / Chandra Wijaya yang diunggulkan di tempat ke lima akan menghadapi pasangna Hongkong Yohan Hadikusumo Wiratama / Wong Wai Hong.

Ganda Putri asal Pelatnas Komala Dewi / Deby Susanti mendapat Undian tidak menguntungkan. Jika di babak pertama berhasil melewati pasangan India, di babak kedua harus sudah berhadapan dengan Unggulan utama asal Singapura Shinta Mulia Sari / Yao Lei. Satu lagi pasangan asal Pelatnas Aneke Feinya Agustin - Anisa Wahyuni akan menghadapi pasangan Malaysia Nairul Suhaida Abdul latif / Liu Ying Goh. Dua pasang ganda putri lainya yang turun atas nama profesional yakni Jo Novita / Endang Nursugianti akan menghadapi pasangan tuan rumah Ashwini Ponnappa / Nitya Sosale sementra Vita marisa akan menghadapi pasangan China Siyun wang / Jinkang Zhang.

Di ganda campuran, setelah di tinggal Vita marisa, Muhamad Rijal akan mencoba keberuntungan dengan pasangan barunya Deby Susanto. Dibabak pertama M Rijal / Deby Susanto akan menghadapi pemain tuan rumah Alwin Francis / Jyotshna Polavarapu. Yonex Sunrise India Open 2009juga mempertemukan pasangan Flandi Limpele / Vita Marisa . Pasangan yang diunggulkan di tempat ke tiga ini langsung maju ke babak kedua setelah mendapat bye di babak pertama. Dua pasang ganda capmurna Indonesia lainya harus menghadapi pasangan dari Malaysia. Hendra Aprida Gunawan / Endang Nursugianti akan menghadapi Mak Hee Chun / Nairul Shuaida Abdul Latif, sedangkan Tantowi Ahmad / Richi Puspita Dili akan menghadapi Mohd Lutfi Zaim Abdul Khalid / Yin Loo Lim. Sementara itu Alven Yulianto Jo Novita di babak pertama akan menghadapi pasangan China Ye Shen / Jin Ma.

Yonex Sunrise India Open 2009, akan menjadi ajang pembuktian sekaligus gengsi bagi pemain-pemain Indonesia. Tiga kekuatan besar bulutangkis Indonesia akan beradu keberuntungan. Pelatnas, PB Djarum, Pemain Profesional akan memulai kiprahnya masing-masing.

Sumber: Arief Rahman, bulutangkis.com