Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Tim Thomas Indonesia Jadi Unggulan Pertama
10 Februari 2010
Tim Thomas Indonesia Jadi Unggulan Pertama
 
 

Jakarta, Kompas - Tim Thomas Indonesia ditempatkan sebagai unggulan pertama pada babak kualifikasi Zona Asia. Sementara untuk tim Uber, Indonesia hanya ditempatkan sebagai unggulan ketiga.

Dari daftar unggulan lengkap yang dikeluarkan Konfederasi Bulu Tangkis Asia (BAC), untuk tim Thomas unggulan pertama ditempati Indonesia, diikuti Jepang, India, dan Taiwan. Adapun di tim Uber unggulan pertama diisi Korea selatan dan urutan berikutnya adalah Jepang, Indonesia, dan Hongkong.

Penempatan unggulan ini berdasarkan peringkat dunia per tanggal 28 Januari 2010.

Yang agak mengejutkan, di daftar unggulan tim Thomas, Korea Selatan dan Thailand tidak masuk. Begitu juga di daftar unggulan tim Uber, Thailand tidak tercantum sebagai unggulan.

Korea Selatan sebenarnya layak diunggulkan karena memiliki pemain sekelas Park Sung-hwan (peringkat ke-13 dunia) serta pasangan ganda yang merupakan juara Swiss Terbuka dan All England 2008, Jung Jae-sung /Lee Yong-dae. Di Malaysia Super Series, Januari lalu, pasangan ini juga tampil sebagai juara.

Sementara itu, pemain-pemain Thailand, meski tidak menonjol di turnamen super series, pada ajang SEA Games lalu penampilan mereka cukup meyakinkan. Di tunggal putri pemain Thailand menyabet emas dengan menyisihkan pemain-pemain papan atas Malaysia dan Indonesia.

Babak kualifikasi Piala Thomas dan Uber Zona Asia akan dimulai 22-28 Februari 2010. Piala Thomas akan diikuti 13 negara. Adapun Piala Uber hanya diikuti 10 negara. Tiga negara, yaitu Laos, Vietnam, dan Kamboja, tidak mengirimkan tim Uber.

Tidak jemawa

Wakil Ketua Pengurus Besar Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PB PBSI) I Gusti Made Oka, Selasa (9/2), mengatakan bahwa meski tim Thomas ditempatkan sebagai unggulan pertama, dia meminta supaya anggota tim Thomas tidak jemawa.

"Secara materi tim kita memang cukup kuat. Namun, bukan berarti tim lain tidak bisa mengalahkan kita," kata Oka, yang ditunjuk sebagai ketua tim rombongan Thomas dan Uber Indonesia.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PB PBSI Yacob Rusdianto mengaku khawatir dengan tidak dimasukkannya Korea Selatan dan Thailand sebagai unggulan di Piala Thomas.

"Mudah-mudahan kita tidak bertemu mereka, terutama Korea Selatan. Materi pemain mereka cukup bagus dan saya agak kaget mereka tidak masuk unggulan," kata Yakob, yang ditunjuk sebagai manajer tim Thomas.

Terkait persiapan tim, menurut Yacob, persoalan Markis Kido dan Hendra Setiawan sudah selesai. "Permintaan mereka sudah kami penuhi dan mereka bergabung di Cipayung mulai Rabu ini," ujar Yacob. (OTW)

Sumber : Kompas