Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Putri Indonesia Juara Grup, Hadapi India Besok
26 Februari 2010
Putri Indonesia Juara Grup, Hadapi India Besok
 
 

Nakhon Ratchasima, 26 Februari 2010 - Tim Uber Indonesia membuktikan kemampuan mereka untuk memberi kejutan. Di tengah banyaknya kesangsian dan kepungan Korea Selatan, Thailand, dan Singapura, putri-putri Indonesia mampu mengalahkan Korea Selatan 4-1 dan menjadi juara grup X. Esok mereka akan menghadapi India di semifinal putaran kualifikasi zona Asia Piala Uber 2010.

"Jujur (kemenangan) ini tidak diprediksi karena mereka (Korea Selatan) adalah unggulan pertama," ujar Sekretaris Jenderal PB PBSI Yacob Rusdianto. "Kerja sama tim yang saling mendukung membuat kita mampu memenangi pertandingan tadi."

Pertandingan pertama antara Adriyanti Firdasari (peringkat 22 dunia) melawan Bae Seung Hee (peringkat 17 dunia) berlangsung tegang selama hampir satu jam. Walaupun Firda berhasil meraih set pertama 21-17, namun Seung Hee berhasil merebut set kedua 21-15. Keduanya berimbang.

Set ketiga pun berjalan mendebarkan. Angka saling berkejaran. Sampai masuk skor dua digit, tetap tidak dapat diprediksi siapa yang akan merebut set penentuan tersebut. Namun begitu Firda berhasil menyamakan kedudukan menjadi 12-12, ia pun melesat kencang. Seung Hee seakan kehabisan nafas dan tidak mampu lagi meladeni Firda. Akhirnya poin pertama pun jatuh ke tangan Indonesia setelah Firda menang 21-15 di set penentuan tersebut.

Poin kedua merah-putih disumbangkan oleh ganda bongkar-pasang, Greysia Polii/Meiliana Jauhari yang mengalahkan andalan utama negeri ginseng, Kim Min Jung/Ha Jung Eun, 21-15 dan 21-14. Poin penentuan kemenangan pun dipersembahkan oleh ganda yang semakin mantap setiap harinya, Lilyana Natsir/Shendy Puspa Irawati yang mengalahkan peraih medali perak Olimpiade Beijing 2008, Lee Kyung Won/Lee Hyo Jung, dengan pertarungan ketat, 21-12, 16-21, dan 21-15.

Yacob yakin putri-putri Pertiwi tersebut akan melaju ke final. "Karena tim India hanya menonjol di tunggal pertama yaitu Saina Nehwal. Jadi peluang kita untuk menang lebih dari 50 persen," ujarnya.

Putra-putra Indonesia pun masih perkasa. Hari ini mereka pun tidak berbasa-basi. Jepang mereka kalahkan 3-0 dengan kemenangan Taufik Hidayat, Markis Kido/Alvent Yulianto Chandra, dan Sony Dwi Kuncoro.

Dengan masuknya tim Thomas Indonesia ke final kualifikasi ini, maka Indonesia dipastikan lolos ke putaran final di Kuala Lumpur, Malaysia, 9-16 Mei mendatang karena tiga tim teratas langsung lolos ke Kuala Lumpur.

"Kalau bisa juara akan sangat membanggakan," tukas Yacob mengenai tim Thomas Indonesia yang akan berhadapan dengan Korea Selatan di final besok (27/2).

Bongkar Pasang Namun Tetap Mantap

Yang menarik dari komposisi di tim putri Indonesia adalah mudahnya adaptasi para putri Indonesia untuk dibongkar pasang di sektor ganda. Senin lalu (22/2), pasangan yang turun adalah Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari dan Lilyana Natsir/Shendy Puspa Irawati. Besokannya, Shendy dan Nitya berpasangan, sedangkan Meiliana Jauhari berpasangan dengan Anneke Feinya Agustin. Melawan Korea Selatan, Greysia Polii yang memang biasa berpasangan dengan Nitya, hari ini turun bersama Meiliana Jauhari.

Hasilnya?

Sampai hari ini, ganda putri Indonesia menorehkan prestasi murni: 100% kemenangan di setiap pertandingan sejak hari pertamanya.

Semoga prestasi tersebut dapat tetap mereka lanjutkan dan dapat diikuti pula oleh para atlet tunggal. (DC/ant)


Hasil Pertandingan Tim Indonesia Hari Ini:

TIM THOMAS
1. Taufik Hidayat vs Kenichi Tago: 21-16, 21-23, 21-18
2. Markis Kido/Alvent Chandra vs Hirokatsu Hashimoto/Noriyasu Hirata: 21-17, 21-19
3. Sony Dwi Kuncoro vs Sho Sasaki: 21-18, 21-11

TIM UBER
1. Adriyanti Firdasari vs Bae Seung Hee: 21-17, 15-21, 21-15
2. Greysia Polii/Meiliana Jauhari vs Kim Min Jung/Ha Jung Eun: 21-15, 21-14
3. Maria Febe Kusumastuti vs Bae Youn Joo: 10-21, 14-21
4. Shendy Puspa Irawati/Lilyana Natsir vs Lee Kyung Won/Lee Hyo Jung: 21-12, 16-21, 21-15
5. Aprilia Yuswandari vs Sung Ji Hyun: 21-18, 21-10