Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Ganda Campuran Indonesia Melaju
05 Agustus 2010
Ganda Campuran Indonesia Melaju
 
 

Empat pasang ganda campuran Indonesia yang berlaga pada kejuaraan Chinese Taipei Grand Prix Gold 2010 semuanya masih lengkap bertahan sampai babak kedua. Dari empat pasang yang ada, hanya Akhmad Tantowi/Liliyana Natsir yang mampu menang dua set, sisanya harus berjibaku dengan rubber set. Saat menghadapi pasangan China Taipei Chian Pin Lu/Shih Han Lung di babak pertama, juara ganda campuran Kumpoo Macau Badminton Championships 2010 hanya perlu dua set untuk mengalahkan lawannya dengan 21-10, 21-11. Fran Kurniawan/Pia Zebadiah harus berjuang selama 47 menit untuk menghentikan pasangan dari Korea Selatan Baek Cheol Shin/Hyun Young Yoo dengan 18-21, 21-15, 21-8.

fran kurniawan/pia zebadiahSaat menghadapi pasangan Lok Kei Lo/Lok Yan Poon dari Hongkong yang tidak diunggulkan, pasangan yang menjadi unggulan utama ganda campuran Hendra Aprida Gunawan/Vita Marissa dipaksa bekerja keras. Pasangan Hongkong mampu mencuri start dan menang di set pertama dengan 18-21. Di dua set berikutnya ganti pasangan Indonesia menang dengan 21-15, 21-8.

Muhammad Rijal/Debby Susanto juga menjadi pasangan yang harus memeras keringat lebih lama. Pasangan yang menduduki peringkat 54 ini (per 29 Juli 2010) pada set pertama selalu tertinggal dari Kim Wah Lim/Yin Loo Lim. Tercatat, pasangan Indonesia ini hanya sekali mampu menyamai angka pasangan China Taipei dan itu pun hanya di awal set pembuka pada posisi 2-2 , selebihnya hanya bisa menempel tanpa kuasa menyalib. 17-21 untuk pasangan China Taipei di set pertama. Rijal/Debby pada set kedua mulai berinisiatif menyerang. Dengan melancarkan smes keras di selingi netting tipis berulang kali membuahkan hasil. Angka pun bergulir tipis diantaranya. Setelah jeda set kedua, pasangan Malaysia masih unggul tipis 11-10. Setelah berada pada angka kembar terakhir 16-16, pasangan Indonesia menyalib memimpin dua angka di depan pasangan Malaysia. Pasangan Malaysia tetap membututi dengan menambah satu angka, menjadi 18-17. Set kedua akhirnya di tutup dengan kemenangan oleh pasangan Indonesia dengan kedudukan akhir 21-19. Lagi-lagi di awal set penentuan, pasangan Malaysia masih mempimpin. Setelah angka sama 7-7 ganti pasangan Indonesia yang berada di depan. Posisi 12-12 menjadi angka kembar terakhir. Setelah itu Rijal/Debby terus terdepan dalam poin kemenangan meski tetap di tempel ketat oleh pasangan Malaysia. Kemenangan akhirnya diraih pasangan Indonesia dengan 21-19.

rijal/debbySelain di ganda campuran, Pia Zebadiah serta Debby Susanto yang berpasangan di ganda putri juga menempatkan dirinya di babak kedua. Pasangan tuan rumah Yun Ju Chang/Shu Chih Liu dikalahkannya dengan 21-18, 21-13. Turut melaju ke babak kedua, finalis  Kumpoo Macau Badminton Championships 2010, Meliana Jauhari/Greysia Polii. Meski menang, pasangan Indonesia ini harus mengerahkan seluruh kemampuannya saat mengalahkan pasangan Malaysia  Liu Ying Goh/Yin Loo Lim. Pasangan Indonesia ini dipaksa bermain tiga set sebelum akhirnya menang dengan 21-23, 21-14, 21-16. Vita Marissa yang berpasangan dengan pemain Thailand Saralee Thoungthongkam juga masih bertahan. Mereka menang dari Hsin Yun Chang/Hsiao Ma Pai dengan 21-12, 21-18. Sayangnya pasangan Anneke Feinya Agustine/Annisa Wahyuni harus terhenti di babak awal. Pasangan tuan rumah Chia Chi Chou/Pei Ting Ku mengalahkannya dengan 21-14, 14-21, 20-22.

Fernando Kurniawan/Wifqi Windarto yang harus memulai pertandingan dari babak kualifikasi mendapat perlawanan ketat dari pasangan tuan rumah Poo Yi Huang/Chia Pin Lu. Menang pada set pertama dengan 21-18, pasangan ini menyerah dengan 13-21 pada set kedua. Pada set penentuan Fernando/Wifqi menutupnya dengan kemenangan 23-21. Di babak kedua pasangan ini telah di tunggu unggulan ke enam dari Korea Selatan Gun Woo Cho/Yi Goo Kwon.

Pasangan senior Luluk Hadiyanto/Candra Wijaya juga ikut berada pada barisan babak kedua. Pasangan ini juga menang rubber game atas pasangan Thailand Songphon Anugriyatawon/Sudket Prapakamol dengan kedudukan akhir 22-10, 17-21, 21-11. Sayangnya di babak kedua Luluk Hadiyanto/Candra Wijaya harus bertemu juara ganda putra Kumpoo Macau Badminton Championships 2010 Sung Hyun Ko/Yeon Seong Yoo. Hendra Aprida Gunawan/Alvent Yulianto harus berkemas di babak pertama. Unggulan kedua ini disingkirkan oleh pasangan Jepang Yoshiteru Hirobe/Kenta Kazuno dengan 17-21, 21-13, 18-21. Andika Anhar/Hendra Setyo Nugroho pun tak berdaya saat menghadapi unggulan utama Koo Kien Keat/Tan Boon Heong dengan. Pasangan ini menyerah 16-21, 13-21.