Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Berburu Gelar di Vietnam
01 Oktober 2010
Berburu Gelar di Vietnam
 
 

Pebulutangkis PB Djarum Andre Kurniawan Tedjono kembali berburu gelar juara. Andre akan bersaing dengan pemain tuan rumah Nguyen Tien Minh yang berada di urutan teratas daftar unggulan dan juga merupakan juara bertahan. Andre menghuni pool bawah dan berada satu grup dengan pemain pelatnas pratama Ary Trisnanto. Jika Andre berhasil melewati babak pertama saat menjamu pemain yang lolos babak kualifikasi, maka di babak kedua juara Austrian International Challenge 2010 ini kemungkinan akan menghadapi pemenang antara Ary Trisnanto dengan Beryno Jiann Tze Wong dari Malaysia. Saingan Andre lainnya yang berada dalam paruh undian bawah adalah pemain muda Malaysia Iskandar Zulkarnain Zainuddin yang menempati unggulan ke tiga belas, serta unggulan ketiga asal China Taipei Hsuan Yi Hsueh. Pemain China Taipei ini lah yang harus dihadapi pemain dari Pelatnas asal PB Djarum Pandu Dewantoro pada babak pertama.

Prestasi terbaik Andre di turnamen yang biasanya berlangsung di kota Ho Ci Minh City ini adalah menjadi semifinalis pada tahun 2008. Saat itu Andre hanya kalah dari pemain tuan rumah Nguyen Tien Minh yang juga berhasil merebut gelar juara. Di tahun berikutnya, Andre hanya bisa bertahan hingga babak perempat final.

Fransiska RatnasariFransiska Ratnasari di tunggal putri kali ini datang menyandang sebagai juara bertahan. Nana, Panggilan akrab Fransiska Ratnasari, datang tak sendiri. Bergabung bersamanya Rosaria Yusfin Pungkasari dan peraih medali perunggu Olimpiade Beijing Maria Kristin Yulianti. Kekuatan pun semakin bertambah. Beberapa pemain pelatnas pratama menyerbu Vietnam. Meski menyandang juara bertahan, Nana hanya menempati unggulan keempat. Babak pertama akan dilalui Nana dengan bertemu pemain dari Hongkong Ying Suet Tse. Jika lolos, akan berhadapan antara pemain Malaysia Sannatasah Saniru dengan pemain yang lolos dari babak kualifikasi. Di babak semifinal, Nana kemungkinan besar akan bertemu kembali dengan pemain China Taipei, Tzu Ying Tai yang dikalahkannya pada babak final tahun lalu. Tzu Ying tai sendiri kali ini barada di urutan teratas tunggal putri.
 
Undian kurang menguntungkan didapat Rosaria Yusfin Pungkasari. Pipin, panggilan akrab Rosaria Yusfin Pungkasari sudah harus menghadapi Hsiao Huan Chen, unggulan ketujuh asal China Taipei. Sementara itu Maria Kristin Yulianti berada dalam pool bawah. Maria berada satu grup dengan pemain muda asal Thailand yang tengah naik daun Ratchanok Inthanon. Bagi Maria Kristin Yulianti, ini adalah kali pertama perjumpaannya dengan pemain masa depan dari negeri gajah putih. Jika mampu lolos dari hadangan Juara dunia junior 2010, diperkirakan Maria akan menantang unggulan kedua asal China Taipei Shao Chieh Cheng pada babak semifinal. (AR)