Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Kido/Hendra dan Taufik Tembus Final
12 Desember 2010
Kido/Hendra dan Taufik Tembus Final
 
 

Ganda putra terbaik Indonesia , Markis Kido/Hendra Setiawan maju ke babak final turnamen bulutangkis Yonex Sunrise Hongkong Open 2010. Di semifinal, peraih medali emas Asian Games 2010 ini melewatinya dengan mengalahkan salah satu ganda terbaik dunia Lee Young Dae/Jung Jae Sung. Meski menang dua set langsung, tetapi tak mudah bagi pasangan Indonesia untuk menaklukannya. Perolehan angka didapat keduanya dengan sangat ketat. Pasangan Korea Selatan memulai set kedua dengan mencuri dua angka dari pasangan Indonesia. Ganti pasangan Indonesia mendapat dua angka dalam sekali service. Setelah angka sama 3-3 pasangan Indonesia melesat, memimpin jauh dengan 10-3. Pasangan Korea Selatan sempat mendapat tambahan dua angka sampai break set pertama ditutup dengan 11-5 untuk pasangan Indonesia. Mendapat suntikan arahan dari pelatih, pasangan Korea Selatan tancap gas menyusul dan menyamakan kedudukan menjadi 11-11. Tiga angka yang diraih pasangan Indonesia dibalas dengan tambahan yang sama oleh pasangan Korea Selatan. Dua kali setelah itu kedua pasangan masih bisa menyamakan kedudukan. Dengan tetap konsisten menyerang, akhirnya pasangan Indonesia bisa menyudahi perlawanan di set pertama dengan 21-19.

Di set kedua pertarungan lebih sengit lagi. Kedua pasangan saling serang dengan smes-smes kerasnya. Susul menyusul perolehan angka terjadi sejak set kedua baru dimulai. Saking ketatnya ,sampai paruh jeda set kedua, selisih perolehan angka tak pernah lebih dari dua. Setelah angka sama 6-6, pasangan Indonesia sempat tertinggal dengan 8-10. Tetapi pada saat jeda set kedua, pasangan Indonesia bisa menyusul dan mendapatkan angka 11 terlebih dahulu. Sempat terlihat pasangan Indonesia akan bisa segera menyudahi pertandingan ketika unggul cepat 18-15. Namun yang terjadi justru pasangan Korea Selatan bisa bangkit dan membuat angka kembali sama 18-18. Pasangan Korea Selatan tetap masih bisa mengekor pasangan Indonesia sampai angka 21-21. Tak mau memperpanjang pertandingan, Markis Kido/Hendra Setiawan segera menutup set kedua dengan 23-21 dan memastikan diri berada di partai puncak. Kemenganan yang didapat peraih medali emas Beijing ini merubah rekor pertemuan keduanya menjadi imbang 4-4. Di babak Final, Markis Kido/Hendra Setiawan akan bertemu dengan pasangan Korea Selatan lainya Ko Sung Hyun/Yoo Yeon Seong. Pasangan Korea Selatan ini pun harus diwaspadai oleh pasangan Indonesia. Terakhir pada Kumpoo Macau Open Badminton Championship 2010 lalu pasangan Indonesia menyerah dalam rubber game. Tetapi secara rekor keseluruhan, kedua pasang ganda putra ini masih imbang dengan 1-1.

Asa terakhir dari tunggal putra, Taufik Hidayat, juga masih terus melaju ke final setelah melewati hari melelahkan bertanding melawan Chen Long (China). Taufik menang dengan skor sangat tipis, 15-21, 21-11, dan 21-19. Set ketiga menjadi pertandingan sebenarnya dari kedua petarung ini dimana terjadi kejar-mengejar angka dan saling salip skor. Chen Long naik duluan ke angka 19-18, namun kemudian diimbangi Taufik 19-19 dan kemudian bahkan dimenangkan oleh atlet senior Indonesia ini, 21-19.

Di final, Taufik akan kembali bersua dengan pemain negeri Jiran, Lee Chong Wei dari Malaysia yang hari ini mengalahkan Nguyen Tien Minh 21-14 dan 21-17. Dari tunggal putri, final terjadi antara Saina Nehwal (India) dan Wang Shixian (China).

(AR/DC)

Hasil Pertandingan Hongkong Open Super Series 2010