Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Panggung Pembuka Persaingan Tahun Baru
30 Desember 2010
Panggung Pembuka Persaingan Tahun Baru
 
 

Panggung pagelaran turnamen Superseries 2010 telah berakhir 12 Desember lalu ditandai dengan final Hongkong Open. Namun masih ada panggung besar pertemuan antara pemain-pemain berperingkat Superseries terbaik dengan label BWF Superseries Final yang akan berlangsung di Taipei 5-9 Januari 2011 mendatang. Turnamen ini menyediakan hadiah sebesar 500.000 USD atau setara sekitar 4,5 Milyar rupiah. Ini merupakan hadiah tertinggi dalam ajang bulutangkis yang pernah diselenggarakan dan hanya kalah dari Korea Superseries premier dan Indonesia Superseries premier yang dimulai tahun 2011.

Untuk dapat mengikuti ajang Superseries Final atau sering disebut juga Superseries Master ini, pemain atau pasangan pemain yang berperingkat delapan besar yang berhak kecuali ada pemain delapan besar yang mengundurkan diri. Peringkat pun dihitung khusus poin dari 12 turnamen Superseries 2010. Ini berbeda dengan peringkat dunia yang memperhitungkan poin dari semua level turnamen resmi BWF.

Meiliana/Greysia PoliiSatu-satunya pemain PB Djarum yang berhak ambil bagian di turnamen ini adalah pemain ganda putri Meiliana Jauhari. Pemain yang berpasangan dengan Greysia Polii tersebut berada di peringkat ke-8 dengan 28740 poin. Bila Meiliana/Greysia Polii hadir di turnamen tersebut, mereka sudah mengantongi hadiah minimal 2.500 dolar Amerika bahkan bisa lebih besar jika mereka maju ke babak berikutnya. Meiliana/Greysia akan bersaing dengan tujuh pasangan lainnya yakni Cheng Wen Hsing/Chien Yu Chin (Taipei-peringkat 1), Cheng Shu/Zhao Yunlei (China-2), Petya Nedelcheva/Anastasia Russkikh (Bulgaria/Rusia-3), Duanganong/Kuchala (Thailand-4), Mizuki Fujii/Reika Kakiiwa (Jepang-5), Miyuki Maeda/Satako Suetsuna (Jepang-6) dan Wang Xiaoli/Yu Yang (China-7).

Pemain Indonesia lainnya yang berhak tampil adalah Taufik Hidayat (tunggal putra), Markis Kido/Hendra Setiawan (ganda putra) dan Hendra Aprida Gunawan/Vita Marissa (ganda campuran). Bintang China Lin Dan tidak dapat tampil di turnamen ini karena hanya berperingkat ke-11. China akan diwakili dua pemain muda nya, Chen Long (peringkat ke-2) dan Du Pengyu (peringkat ke-7). Turnamen Superies Final 2010 akan menjadi pembuka turnamen besar di tahun 2011 sekaligus memanaskan kembali persaingan dan harapan di tahun baru. (HK)