Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Peringkat Dunia Yunior Atlet PB Djarum
21 Januari 2012
Peringkat Dunia Yunior Atlet PB Djarum
 
 

Pebulutangkis muda Indonesia asal PB Djarum Shesar Hiren Rustavito menjadi pemain yunior Indonesia yang mempunyai peringkat dunia yunior tunggal putra tertinggi. Berdasarkan peringkat dunia yunior yang di rilis pada tanggal 19 Januari 2012, Shesar berada peringkat ke-12. Shesar memiliki catatan prestasi yang cukup baik. Pada kejuaraan Victor Indonesia International Challenge 2011 lalu, ia bisa menapaki babak delapan besar. Di kejuaraan Dunia Yunior 2011 pun, ia berhasil menembus babak perempat final . Dan yang paling anyar adalah ketika ia berhasil menjadi semifinalis Tata Open India International Challenge 2011 lalu.

Riyanto Subagja menjadi pemain yunior tunggal putra Indonesia dengan peringkat ketiga tertinggi setelah Wisnu Yuli Prasetyo. Jika Wisnu Yuli Prasetyo ada di urutan ke-16 dunia, maka Riyanto Sugbagja menempati peringkat ke-17 dunia. Dibawahnya terdapat nama Arif Gifar Ramadhan yang bertengger di posisi 24 dunia.

LukhiDi nomor ganda, nama Lukhi Apri Nugroho patut dikedepankan. Ia yang mampu bermain di ganda campuran serta sama baiknya di ganda putra. Di kedua nomor, ia berada di dalam kelompok dua puluh besar dunia. Di ganda putra, ia menempati peringkat ke-13 dunia. Catatan prestasi terbaiknya di ganda putra ketika ia bisa menjadi finalis Singapore International Series 2011 lalu. Ketika itu Lukhi yang berpasangan dengan Kevin Sanjaya hanya kalah dari rekan senegeranya Agripinna Primarahmanto Putera/Marcus Fernaldi Gideon. Pada kejuaraan Victor Indonesia International Challenge 2011, pasangan ini mampu berada pada babak keempat. Masih dengan pasangan yang sama, mereka juga mampu masuk babak delapan besar pada kejuaraan Dunia Yunior 2011. Bersama dengan Rizky Susanto, ia mampu menjadi perempat finalis pada kejuaraan Asia junior 2011. Pasangan Lukhi, Kevin Sanjaya ada di urutan 46 dunia. Dalam seratus besar dunia masih terdapat dua nama pemain asal PB Djarum lainnya, seperti Rangga Yave Rianto yang menempati urutan 68 dunia serta Praven Jordan yang berada pada peringkat 79 dunia.

Prestasi Lukhi di nomor ganda campuran tak kalah mengkilapnya. Saat ini, ia berada pada urutan ke-14 dunia yunior untuk nomor ganda campuran. Prestasinya yang paling membanggakan adalah ketika ia bisa mengumandangkan lagu Indonesia Raya pada kejuaraan Asia Yunior 2011. Ia yang baru berpasangan dengan Ririn Amelia ternyata mampu merebut gelar juara ganda campuran.

Di bagian putri, nama Gloria Emanuelle Widjaya menjadi pemain putri berperingkat yunior tertinggi dibandingkan dengan pemain putri asal PB Djarum lainnya. Keberhasilanya menjadi juara ganda campuran pada kejuaraan Dunia Yunior 2011 lalu membuat peringkatnya berada di urutan ke-17 dunia yunior. Tahun ini, baik Gloria maupun Lukhi akan memulai tantangan baru dengan dipanggilnya sebagai anggota Pelatnas. Semoga peringkat dunia yunior mereka semakin meningkat. (AR)