Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Tak Ingin Kehilangan Angka, China Tetap Ikut Kualifikasi
25 Januari 2012
Tak Ingin Kehilangan Angka, China Tetap Ikut Kualifikasi
 
 

Perburuan angka menuju Olimpiade London, membuat kubu tirai bambu tetap ngotot untuk turut bertarung di kualifikasi Piala Thomas dan Uber yang berlangsung di Macau bulan depan. Sebagai tuan rumah, sebetulnya China sudah dipastikan akan langsung bertarung di putaran utama Piala Thomas dan Uber tanpa harus melalui kualifikasi. Tetapi jelang Olimpiade, China seakan tak ingin kehilangan angka sedikitpun untuk modal mereka ke London.

Dengan kekuatan China, sebetulnya mereka maksimal bisa mengirim lebih banyak wakil dibanding negara lain yang harus susah payah untuk bisa menempatkan wakil di Olimpiade. Apalagi di tunggal putri, tiga atlet bermarga Wang kokoh di empat teratas ranking dunia.

Akan tetapi, keinginan China ini pun tak bisa dicegah. Sejauh ini BWF sebagai federasi tertinggi bulutangkis pun tak bisa melarang tuan rumah untuk turun di babak kualifikasi Piala Thomas dan Uber.

“PBSI melalui bagian luar negeri telah mempertanyakan masalah ini ke BWF. Namun karena tidak ada aturan yang mengatakan bahwa tuan rumah atau juara bertahan dilarang ikut kualifikasi, maka sampai saat ini belum ada keputusan. Pengundian akan dilakukan pada tanggal 30 Januari mendatang. Semoga saja menjelang pengundian sudah ada keputusan dari BWF,” ujar Yacob.

Drawing sendiri akan dilangsungkan pada akhir Januari 2012 mendatang. Kualifikas zona Asia memang seakan membawa gengsi tersendiri bagi negara-negara Asia, sebagai salah satu ajang unjuk kekuatan bulutangkis yang memang sudah sejak lama berpusat di Asia. Semoga tim merah putih bisa memberikan hasil terbaiknya dan berhasil untuk bisa berlaga di Malaysia bulan Mei mendatang.