Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Dutch Open Grand Prix 2013] Ganda Putra Amankan Satu Tiket Semifinal
11 Oktober 2013
[Dutch Open Grand Prix 2013] Ganda Putra Amankan Satu Tiket Semifinal
 
 

Ganda putra Indonesia memastikan satu tempat semifial kejuaraan Dutch Open Grand Prix 2013. Meski babak semifinal  masih akan dilaksanakan pada hari Sabtu (12/10), Indonesia sudah di pastikan sudah memiliki wakil ganda putra di babak empat besar. Kepastian ini di dapat setelah dua ganda putra Indonesia saling bertemu di babak perempat final hari ini (11/10) usai mengalahkan lawan-lawannya kemarin (10/10).

Pasangan ganda putra, Berry Angriawan/Ricky Karanda  Suwardi membuat kejutan di hari ketiga kejuaraan berhadiah total US$ 50.00,-. Pasangan yang belum lama dipadukan ini memetik kemenangan atas lawan yang berasal dari India, Pranaav Jerry Chopra/Akshay Dewalkar yang juga merupakan pasangan yang di unggulkan di posisi ketiga.

Di dua game yang di mainkan,kedua pasangan yang baru kali ini bertemu bermain ekstra ketat. Pergerakan angka di dua game tersebut berjalan rapat. Pasangan Indonesia yang sempat unggul 20-17, dipaksa bermain hingga melewati deuce, karena pasangan India mampu menyamakan kedudukan menjadi 20-20.  Beruntung pasangan Indonesia mampu mendapat dua angka tambahan untuk menutup game pertama menjadi 22-20.

Hampir saja kejadian di game pertama terulang di game kedua . Pasangan Indonesia  yang sudah melejit di posisi 20-16 belum juga bisa mengakhiri game kedua. Lawan bahkan mampu mendekatinya menjadi 20-18. Tak mau kejadian di game pertama terulang, pasangan Indonesia segera menutup game kedua dengan 21-18.

Dengan kemenangan ini menjadikan pasangan Indonesia yang di pekan lalu menjadi Finalis London Open Grand Prix Gold 2013, bertemu rekannya Christopher Rusdianto/Trkusuma Wardhana di babak perempat final. Christopher/Trikusuma sendiri maju ke babak perempat final usai menundukkan pasangan Belanda Jacco Arends/Jelle Maas dengan 22-20, 23-21.

Indonesia masih memiliki satu pasang wakil lagi di babak perempat final melalui pasangan Wahyu Nayaka/Ade Yusuf. Unggulan keempat ini maju ke babak delapan besar usai mengalahkan wakil Inggris Marcus Ellis/Tom Wolfenden melalui rubber game 19-21, 21-19, 22-20.

Di ganda putri Indonesia hanya menyisakan satu pasangan saja dan di wakili oleh pasangan baru Anggia Shita Awanda/Della Destiara Haris. Pasangan Jena Gozali/Suci Rizki Andini gagal melanjutkan pertandingan setelah Jenna Gozali memilih mundur karena cedera.

“Pada saat bermain tadi, Jenna sempat terjatuh saat mengambil bola belakang. Ia mengalami cedera pada lutut kanannya, hingga memutuskan tidak bisa melanjutkan pertandingan,” ujar  Endra Muliajaya, Asisten Pelatih Ganda Putri PBSI seperti yang di lansir website PBSI.

Anggia Shita Awanda/Della Destiara Haris di babak kedua kemarin bermain cemerlang. Unggulan pertama asal Singapura Shinta Mulia Sari/Yao Lei berhasil di kalahkan hanya dalam dua game, 21-16, 21-18. Kemenangan ini sekaligus membalas kekalahan yang mereka alami pada kejuaaan London Grand Prix Gols 2013 pekan lalu. Dibabak perempat final, Anggia/Dela akan bertemu dengan Wakil Jerman Kira Kattenbeck/Franziska Volkman. (AR)