Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [World Junior Championships 2014] Tunggal Dan Ganda Putra Tembus Semifinal
17 April 2014
[World Junior Championships 2014] Tunggal Dan Ganda Putra Tembus Semifinal
 
 

Kabar menggembirakan kembali di buat para pemain muda Indonesia yang berlaga pada kejuaraan World Junior Championships 2014 yang berlangsung di Malaysia. Pasukan merah putih memiliki wakil di babak semifinal dari nomor tunggal dan ganda putra. Anthony Ginting di tunggal putra serta pasangan Muhammad Rian Ardianto/Clincton Hendrik Kudamasa di nomor ganda putra berhasil menembus babak semifinal usai menang atas lawan-lawannya kemarin (17/4). Selain di ganda putra, Muhammad Rian Ardianto juga menembus babak semifinal di nomor ganda campuran.

Penampilan mengesankan diperlihatkan tunggal putra Indonesia, Anthony Ginting. Tak terlihat demam panggung saat ia harus bertemu dengan pemain Jepang Kanta Tsuneyama yang pernah menjadi runner up kejuaraan Asia Junior Championships 2014. Bagi Anthony, Kemenangan atas tunggal Jepang ini sekaligus membalas kekalahanya saat perempat final kejuaraan Asia Junior Championships 2014. Anthony tuntas membalas kekalahan atas Kanta hanya dalam dua game 21-13, 21-5.

“Saya sudah hafal kelebihan dan kekurangan Kenta di bagian mana. Kekalahan sebelumnya memberi saya banyak pelajaran. Sebetulnya dia tidak terlalu berbahaya, asalkan saya bisa sabar dan bisa mengikuti ritme permainan, pasti bisa menang,” Ujar Anthony membuka resep kemenangan pada badmintonindonesia.org.

“Tapi saya tidak menyangka bisa menang dengan skor cukup jauh. Dengan mengantongi kekurangan dia dan terus mencecarnya di bagian tersebut, saya membuat dia tidak bisa mengembangkan permainan,” lanjutnya.

Di babak semifinal yang akan dimainkan hari ini (17/4), Antony menjadi satu-satunya pemain di luar pemain China yang menguasai babak semifinal. Tiga pemain China berhasil masuk babak semifinal. Salah satunya, Shi Yuqi yang menjadi unggulan ke-2 akan di lawan oleh Anthony. Sayangnya Jonatan Christie gagal menembus babak semifinal setelah dihentikan tunggal China lainnya Lin Gui Pu dengan 17-21, 18-21.

Pasangan ganda putra Muhammad Rian Ardianto/Clincton Hendrik Kudamasa juga berhasil menempatkan diri pada babak semifinal. Rian/Clincton menuntaskan perlawanan pasangan asal Hongkong Chung Yonny/Yeung Sing Choi pada babak perempat final. Pengalaman memenangi pertandingan sebanyak tiga kali atas ganda Hongkong, membuat ganda Indonesia makin percaya diri. Hanya dalam dua game pasangan Indonesia menekuk ganda Hongkong yang menempati unggulan [3/4]. Di game permbuka secara meyakinkan pasangan Indonesia ini menang 21-15, sementara di game kedua Rian/Clincton menang 21-17.

“Pasangan Hongkong ini punya pukulan yang kencang, jadi kami tidaa mau kalah kencang. Saat bisa mengimbangi, mereka malah banyak mati-mati sendiri dan kami tambah yakin bisa menang,” ujar Rian.

“Awalnya kami agak tegang, tapi kami sudah pernah menang sebelunya dari ganda Hongkong ini. Kamipun percaya diri kalau kami bisa. Setelah dapat feelnya di pertengahan game pertama, kami langsung enak mainnya,” tambah Clincton.

Di babak semifinal Rian/Clincton akan bertemu wakil Jepang Masahide Nakata/Katsuki Tamate. Babak semifinal ganda putra menjadi satu-satunya nomor yang tidak diikuti para pasangan China. Para pasangan negeri Tirai Bambu ini telah kandas babak sebelumnya. (AR)