Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Piala Thomas dan Uber 2014] Tim Thomas Indonesia Terhenti di Semifinal
24 Mei 2014
[Piala Thomas dan Uber 2014] Tim Thomas Indonesia Terhenti di Semifinal
 
 

Harapan merah putih untuk bisa membawa pulang piala Thomas sirna sudah. Hal ini terjadi karena punggawa merah putih gagal mengatasi Malaysia di laga semifinal yang dilangsungkan Jum'at (23/5) malam waktu Indonesia bagian barat.

Di partai pembuka, Tommy Sugiarto sempat menyulitkan Lee Chong Wei di game pertama. Namun sayang usai imbang diangka 19, Tommy gagal mengatasi pebulutangkis ranking 1 dunia itu, ia pun kalah 19-21. Sementara di game kedua, Tommy seakan berada di bawah tekanan. Ia kehilangan angka demi angka dan hanya mampu mengumpulkan 13 angka saja.

"Saya sudah berusaha untuk bermain sebaik mungkin, tapi Chong Wei tampil lebih sabar. Chong Wei juga bisa mencari kesempatan buat menyerang. Saya sebetulnya lebih mengontrol saat unggul game pertama, tapi saat Chong Wei balik unggul dan saya dalam tekanan," ungkap Tommy.

Harapan meraih putih untuk bisa meraih angka melalui ganda putra nomor satu dunia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan pun sirna. Mereka gagal mengatasi Tan Boon Heong yang diduetkan dengan Hoon Tien How. Kalah tipis 19-21 di game pembuka, Ahsan/Hendra langsung melesat meraih angka demi angka dan menang telak 21-8. Di game penentu, kejar mengejar angka pun tak bisa dihindari. Bahkan Ahsan/Hendra sempat membuat match point di kedudukan 20-19, bola tanggung di depan net yang ternyata masih sanggup dikembalikan Tan, membuat kedudukan imbang 20-20. Dan akhirnya, smash keras dari Tan membuat Malaysia menjauh, 21-23 dan membuat skor menjadi 0-2.

Di partai ketiga, Indonesia menurunkan Dionysius Hayom Rumbaka. Ia harus menghadapi tunggal rangking 27 dunia, Chong Wei Feng. Tampil dibawah tekanan, Hayom pun akhirnya menyerah dua game langsung 10-21 dan 17-21. 
 
"Saat tim tertinggal 0-2, saya merasa ada tekanan, karena saya harus memenangkan pertandingan. Secara permainan, saya juga terus tertekan dengan permainan cepat yang dilancarkan Wei Feng," kata Hayom yang tak dapat menyembunyikan kekecewaannya. 
 
Di game kedua, Hayom sempat menghembuskan angin segar dengan menyamakan kedudukan 16-16. Namun ia mengakui bahwa dirinya masih bermain dalam tekanan dan sulit bermain dengan baik. Ia pun harus merelakan kemenangan jatuh ke tangan lawan. 
 
"Saya tak dapat bermain di irama permainan saya dan jarang mendapat kesempatan untuk melancarkan smash. Kondisi tim yang ketinggalan 0-2 memang sangat mempengaruhi permainan saya, sebaliknya, Wei Feng terlihat makin percaya diri," tambahnya.
 
Dengan kemenangan ini, maka tim Thomas Indonesia gagal memenuhi target merebut supremasi beregu putra tersebut. Sedangkan tim Thomas Malaysia merayakan kemenangan ini dengan sukacita. Tim Thomas Negeri Jiran lolos ke final setelah 12 tahun lamanya. 
 
Tim Thomas Malaysia akan berjumpa dengan Jepang di partai puncak. Jepang membuat kejutan dengan mengalahkan Tiongkok yang merupakan juara bertahan, dengan skor 3-0.
 
Berikut hasil pertandingan babak semifinal Piala Thomas 2014 antara Indonesia melawan Malaysia : 
 
Tommy Sugiarto vs Lee Chong Wei 19-21, 13-21
Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan vs Tan Boon Heong/Hoon Thien How 19-21, 21-8, 21-23
Dionysius Hayom Rumbaka vs Chong Wei Feng 10-21, 17-21
Angga Pratama/Rian Agung Saputro vs Goh V Shem/Tan Wee Kiong (tidak dimainkan)
Simon Santoso vs Daren Liew (tidak dimainkan)