Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Badminton Asia Team Championships] Indonesia Masih Yang Terbaik
22 Februari 2022
[Badminton Asia Team Championships] Indonesia Masih Yang Terbaik
 
 

Kejuaraan Badminton Asia Team Championships 2022 usai sudah. Tim negeri Jiran, Malaysia menjadi juara pada bagian putra sementara Indonesia harus puas menjadi runner up. Tim merah putih harus mengakui ketangguhan Malaysia pada babak final. Walau sudah berusaha maksimal, Chico dan kawan-kawan kalah 0-3 dari Malaysia.

Tetapi Indonesia tetap bisa membusungkan dada. Khusus untuk kejuaraan beregu Asia, Indonesia menjadi negara terbanyak dalam perolehan gelar juara. Tiga gelar juara pernah berada dalam genggaman Indonesia. Baru dua negara saja yang bisa meraih gelar juara, yakni Indonesia dan Malaysia.

Indonesia pertama kali menjadi juara pada tahun 2016. Pada kejuaraan yang dilaksanakan di GMC Balayogi Indoor Stadium, Hyderabad, India, Indonesia menang 3 – 2 atas Jepang. Angka kemenangan dipersembahkan oleh pasangan ganda putra Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi, Anthony Sinisuka Ginting, dan Jonatan Christie.

Gelar kedua bagi Indonesia diraih pada tahun 2018. Indonesia mampu menjadi juara untuk kedua kalinya dengan mengalahkan raksasa bulutangkis, China dengan skor telak 3-1. Jonatan Christie, Mohammad Ahsan/Angga Pratama, Rian Agung Saputro/Hendra Setiawan mampu mempersembahkan angka kemenangan bagi Indonesia.

Gelar ketiga secara berurutan direbut pada pelaksanaan Badminton Asia Team Championhsips 2020 yang berlangsung di Rizal Memorial Coliseum,Manila, Filipina. Indonesia menyabet gelar ketiga dengan menghempaskan salah satu musuh bebuyutannya, Malaysia. Anthony Sinisuka Ginting, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, dan Mohammad Ahsan/Fajar Alfian membungkam Malaysia dengan 3-1. (AR)