Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Jelang Piala Thomas & Uber 2022] Mengintip Kekuatan Tim Thomas Indonesia Sebagai Juara Bertahan
04 Mei 2022
[Jelang Piala Thomas & Uber 2022] Mengintip Kekuatan Tim Thomas Indonesia Sebagai Juara Bertahan
 
 

Kurang dari satu pekan, perhelatan akbar Piala Thomas & Uber 2022 akan segera bergulir di Impact Arena, Bangkok, Thailand, pada 8-15 Mei mendatang. Sebanyak 16 negara dinyatakan lolos dan akan bertarung di ajang yang mempertandingkan turnamen beregu putra dan putri, termasuk Indonesia.

Tim Thomas Merah Putih yang merupakan juara bertahan dipastikan bakal datang dengan kekuatan penuh. Dari sektor tunggal putra, 5 pemain sudah ditunjuk untuk siap tampil. Mereka adalah Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito, Syabda Perkasa Belawa, dan Tegar Sulistio. Sedangkan dari sektor ganda, 7 pemain juga dinyatakan bakal terbang ke Bangkok untuk membela Indonesia, yakni Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan, Hendra Setiawan, Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto, Bagas Maulana, dan Muhammad Shohibul Fikri.

Jika melihat formasi seperti itu, rasanya Arjuna Merah Putih masih cukup kokoh untuk mampu mempertahankan titel sebagai juara bertahan pada tahun ini. Bukan tanpa alasan, meski dua tunggal utamanya yaitu Anthony dan Shesar belum mampu berbicara banyak di beberapa turnamen terakhir, namun tidak dengan Jonatan. Satu gelar juara di Swiss Open serta dua gelar runner up di Korea Open dan Kejuaraan Asia tahun ini, cukup membuat optimis jika Jonatan bisa tampil maksimal dan diharapkan selalu menyumbang poin setiap kali diturunkan.

Ditambah lagi dua tunggal muda, yakni Syabda dan Tegar juga tak bisa dipandang sebelah mata. Meski ini kali pertamanya tampil di Piala Thomas, namun seharusnya mereka memiliki semangat yang lebih tinggi untuk bisa membuktikan kualitasnya jika diturunkan.

Sementara itu, kekuatan merata justru ada pada sektor ganda putra Indonesia. Meskipun Kevin tidak didampingi Marcus Fernaldi Gideon, namun seperti kita ketahui Kevin mempunyai kemampuan individu yang cukup baik. Sementara Ahsan/Hendra sudah jelas, selain pengalaman mumpuni yang mereka miliki, juga di beberapa turnamen terakhir yang mereka ikuti tahun ini cukup diperhitungkan, yaitu menjadi finalis di India Open dan All England.

Sedangkan Fajar/Rian, mereka juga tampaknya sedang berada di performa terbaik. Tercatat sepanjang tahun ini mereka pernah menjuarai Swiss Open dan runner up Korea Open. Lalu, ada Bagas/Fikri yang namanya sedang melambung pasca keberhasilannya tampil mengejutkan usai menjuarai All England Open tahun ini.

Dengan formasi seperti itu, bukan tidak mungkin Piala Thomas akan tetap berada di pangkuan Ibu Pertiwi. (AH)