Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Piala Thomas & Uber 2022] Melihat Peluang Indonesia Pertahankan Piala Thomas
15 Mei 2022
[Piala Thomas & Uber 2022] Melihat Peluang Indonesia Pertahankan Piala Thomas
 
 

Daftar pemain di final Piala Thomas 2022 yang mempertemukan juara bertahan Indonesia kontra sang kuda hitam, India telah dirilis pagi ini, Minggu (15/5). Di pertandingan yang akan berlangsung siang nanti pukul 13.00 WIB, masing-masing tim menurunkan komposisi yang sama seperti di di semifinal saat mengalahkan lawan-lawannya.

Pada laga pembuka, pebulutangkis Indonesia Anthony Sinisuka Ginting akan berhadapan dengan Lakshya Sen. Di atas kertas, Anthony lebih diunggulkan sebagai peringkat 5 dunia. Sedangkan Lakshya berada di peringkat 9 dunia. Namun pada pertemuan pertama kalinya bagi kedua pemain ini di ajang Jerman Open 2022, kemenangan berhasil dimenangkan Lakshya atas Anthony 21-7, 21-9.

Di partai kedua, Indonesia masih mempercayakan pada pasangan Mohammad Ahsan/Kevin Sanajaya Sukamuljo. Mereka akan berhadapan dengan Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty. Kedua pemain ini pernah bertemu di ajang Badminton Asia Team Championships 2018 lalu. Kala itu Ahsan/Kevin harus menerima kekalahan tipis 21-18, 18-21, 22-24.

Lalu di partai ketiga, Jonatan Christie bakal turun untuk menghadapi Kidambi Srikanth. Melihat catatan rekor pertemuan, Jonatan yang saat ini berada di peringkat 8 dunia maih unggul 5-4 atas Kidambi yang saat ini berada di peringkat 11 dunia.

Jika pertandingan berlanjut ke partai keempat, ganda putra Indonesia peringkat 7 dunia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto bakal berhadapan dengan peringkat 39 dunia, M.R. Arjun/Dhruv Kapila. Peluang Fajar/Rian untuk meraih poin nampaknya cukup terbuka. Selain menang dari segi peringkat, mereka juga menang dari segi pertemuan. Tiga kali bertemu, Fajar/Rian selalu meraih kemenangan atas Arjun/Dhruv.

Kemudian jika pertandingan sengit berlangsung hingga partai kelima, pebulutangkis tunggal putra peringkat 24 dunia, Shesar Hiren Rhustavito akan menjadi tameng terakhir bagi tim Merah Putih. Shesar akan berhadapan dengan peringkat 23 dunia, Prannoy H. S.. Meski dari dua pertemuan Shesar selalu kalah, namun di Piala Thomas ini penampilan Shesar tak bisa diragukan. Sejak dipercaya turun dari babak penyisihan grup hingga semifinal, Shesar tak pernah terkalahkan. (AH)