Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Lithuanian International 2022] Indonesia Sapu Bersih Gelar Juara
13 Juni 2022
[Lithuanian International 2022] Indonesia Sapu Bersih Gelar Juara
 
 

Kabar menggembirakan didapat dari kejuaraan Lithuanian International 2022. Lima gelar juara berhasil direbut oleh para pemain Indonesia. Yang lebih menggembirakan lagi, All Indonesian Final terjadi di tiga tempat babak final. Malah sektor tunggal putri menciptakan All Indonesian Semfinal.

Tanda-tanda keperkasaan pemain putri memang sudah tercium sejak babak kedua. Delapan tempat diisi oleh para Srikandi Merah Putih. Tujuh tempat di babak perempat final saja sudah dipenuhi oleh para pemain putri Indonesia.

Aisyah Sativa Fatetani akhirnya menjadi yang terbaik. Pemain asal PB Djarum ini menjadi juara usai menghentikan perlawanan rekannya sendiri Saifi Rizka Nurhidayah. Sengit babak final tunggal putri. Walau keduanya berasal dari Indonesia, tetapi keduanya berusaha tampil sebagai juara. Lebih dari satu jam keduanya berjibaku di karpet hijau. Aisyah menang rubber game dengan 21-16, 19-21, 24-22.

Dua pemain tunggal putra Indonesia juga begitu cemerlang. Bertanding dari babak kualifikasi Syabda Perkasa Belawa dan Alwi Farhan meluncur ke babak puncak. Syabda akhirnya menjadi juara usai mengalahkan Alwi dengan straight game 21-15, 21-14.

Final sesama pemain Indonesia juga tercipta dari ganda putri. Sofy Al Mushira Asharunnisa/Ridya Aulia Fatasya yang mengalahkan unggulan pertama Kasturi Radhakrishnan/Venosha Radhakrishnan asal Malaysia pada babak semifinal harus puas menjadi runner up. Nethania Irawan/Febi Setianingrum yang akhirnya menjadi juara usai menundukkan Sofy/Ridya dengan 21-10, 23-21.

Muhammad Rayhan Nur Fadillah/Rahmat Hidayat juga tidak mau kalah. Unggulan kedelapan asal Prancis, Kenji Lovang/Leo Rossi dihentikan pada babak final. Rayhan/Rahmat menang dalam dua game 21-9, 21-13.

Sektor ganda campuran juga ikut menyumbangkan gelar juara melalui Amri Syahnawi/Winny Oktavina Kandow. Terlihat mudah bagi Amri/Winny untuk membungkam Lui Chun Wai/Fu Chi Yan dari Hong Kong yang menjadi lawannya di babak final. Usai menang cepat 21-6 di game pertama, Amri/Winny menang 21-11 di game kedua.

Hasil babak final

-       Tungal putri: Aisyah Sativa Fatetani -  Saifi Rizka Nurhidayah : 21-16, 19-21, 24-22

-       Tunggal putra: Syabda Perkasa Belawa – Alwi Farhan : 21-15, 21-14

-       Ganda putri: Nethania Irawan/Febi Setianingrum  - Sofy Al Mushira Asharunnisa/Ridya Aulia Fatasya : 21-10, 23-21

-       Ganda putra: Muhammad Rayhan Nur Fadillah/Rahmat Hidayat - Kenji Lovang/Leo Rossi : 21-9, 21-13

-       Ganda campuran: Amri Syahnawi/Winny Oktavina Kandow - Lui Chun Wai/Fu Chi Yan : 21-6, 21-11