Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Malaysia Open 2022] Fajar/Rian Raih Runner Up
03 Juli 2022
[Malaysia Open 2022] Fajar/Rian Raih Runner Up
 
 

Harapan untuk menambah gelar juara dari kejuaraan bulutangkis Malaysia Open 2022 akhirnya pupus. Pasangan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gagal menyamai prestasi yang diraih rekannya Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang menjadi juara di ganda putri. Fajar/Rian gagal memboyong gelar juara usai ditaklukkan ganda Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi dengan rubber game, 22-24, 21-16, 9-21 pada babak final yang dilangsungkan hari ini (3/7).

Di game pertama pertandingan berjalan ketat. Sempat terbuka harapan Fajar/Rian bisa mengambil game pertama. Tertinggal 16-19 pada game pertama, Fajar/Rian mampu membalikkan keadaan dan unggul 20-19 hanya dalam satu kali service di tangan. Namun sayang, ganda Indonesia justru harus kehilangan game pertama. Di game kedua Fajar/Rian bermain lebih agresif. Dengan pola inilah mereka bisa mengambil game kedua. Sayangnya di game ketiga Fajar/Rian tidak bisa keluar dari tekanan lawan dan mulai banyak melakukan kesalahan sendiri hingga membuat lawan menang pada game penentuan.

Fajar/Rian masih harus bermimpi untuk bisa bisa meraih gelar juara untuk pertama kalinya dari kejuaraaan dengan level BWF World Tour Super 750. Sejauh ini, Fajar/Rian baru mengoleksi gelar juara dari kejuaraan dengan level BWF World Tour Super 500 pada ajang Indonesia Masters 2022 dan Swiss Open 500 pada level BWF World Tour Super 300.

"Alhamdulillah kami bisa menyelesaikan pertandingan dengan lancar walau hasilnya belum maksimal. Di gim pertama kami selalu tertinggal tapi kami terus berusaha mengejar, sayang tidak bisa menyelesaikan saat bisa ambil dua gim poin. Di gim kedua permainan kami membaik dan bisa menang. Di gim ketiga, start kami terlalu lambat, sementara mereka bisa langsung menemukan pola yang tepat," tutur Rian kepada tim Humas dan Media PP PBSI.

"Hoki/Kobayashi sangat padu. Mereka juga punya power yang kuat dan stamina yang baik. Hari ini mereka bermain sangat stabil," sambung Fajar.

"Kami tidak tampil maksimal hari ini, banyak melakukan kesalahan sendiri yang tidak perlu. Kuncinya mungkin tadi di gim pertama, sayang kami kurang berani saat dapat dua gim poin itu," tambah  Fajar.

Selanjutnya Fajar/Rian akan tetap berada di Malaysia untuk mengikuti kejuaraan Malaysia Masters 2022. Kejuaraan yang tetap diselenggarakan di Kuala Lumpur, Malaysia termasuk dalam level turnamen BWF World Tour Super 500. (AR)